Text
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Diniyah Raudatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan.
Robiatul Adawiyah, 2016, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah
Diniyah Raudatul Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fathol Haliq M.Si
Kata kunci: peningkatan, motivasi belajar
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini; pertama,
bagaimana bentuk motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Raudatul Ittihad
Pamaroh Kadur Pamekasan?. Kedua, upaya apa saja yang di lakukan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Raudatul Ittihad
Pamaroh Kadur Pamekasan?. Ketiga, apa saja kendala untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Raudatul Ittihad Pamaroh Kadur
Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
menggunakan deskriptif, sumber datanya adalah siswa, guru dan kepala sekolah,
dalam mengumpulkan data menggunakan tiga metode yaitu metode wawancara,
observasi dan dokumentasi, adapun teknik pengecekan data menggunakan
perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, mulai tanggal
02 Maret 2016 sampai tanggal 16 April 2016
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, bentuk motivasi belajar
siswa di Madrasah Diniyah Raudlatul-Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan yaitu;
a.pemberian ulangan merupakan cara yang baik untuk memotivasi siswa supaya
lebih semangat untuk belajar. b.hukuman bisa dijadikan alat motivasi yang baik
dan efektif bila dilakukan dengan baik. c. pujian merupan bentuk motivasi yang
positif karena dengan pujian siswa semakin semangat untuk belajar. d.Kompetisi
atau persaingan di lakukan untuk mengatuhi kemampuan serta bakat yang di
miliki siswa. Kedua, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
Madrasah Diniyah Raudlatul-Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan yaitu; a.dengan
Mengarahkan prilaku siswa, guru sangat berperan untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa dengan mengarahkan prilakunya agar lebih baik. b.Memberi
semangat siswa, Pemberian semangat terhadap siswa sangatlah dibutuhkan agar
siswa semakin giat untuk belajar dan siswa tidak merasa bosan untuk selalu
belajar karena ada dukungan baik itu dari ustad ataupun dari orang tua. Ketiga,
kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah
Raudlatul-Ittihad Pamaroh Kadur Pamekasan yang dialami oleh ustad dan dialami
oleh siswa, Diantaranya yaitu; siswa lebih banyak bermain, kurangnya kemaun,
intelectual Quotin (IQ) siswa yang lemah, siswa lebih condong bermain dari pada
belajar sehingga siswa sulit di kondisikan dalam kelas, dan minat siswa yang
menurun. serta, sikap sebagian siswa yang memiliki rasa malas, sulit diberi
arahan, minat belajar yang kurang, dan terkadang siswa di pengaruhi oleh
lingkungan, baik itu lingkungan keluarga kurangnya dukungan dari orang tua dan
juga lingkungan bemain siswa.
Tidak tersedia versi lain