Text
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA. AL-AZHAR AMBAT KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABD. RAHMAN WIDORI, 2017, Kompetensi Kepribadian Guru
Pendidikan Agama Islam di Ambat Tlanakan Pamekasan, Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN
Pamekasan, Pembimbing : Dr. Siswanto, M.Pd.I.
Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, Guru Pendidikan Agama Islam.
Dalam rangka membentuk pribadi yang baik, di MA Al-Azhar
Desa Ambat Kecamatan Tlanakan setiap guru harus disiplin, berpakaian
berseragam yang ditentukan sekolah/pakaian bebas, rapi , bersepatu dan
berkopyah. Hal-hal tersebut dilakukan dengan harapan agar guru memiliki
kepribadian yang sesuai dengan harapan masyarakat dan sekaligus
memberikan pandangan bahwa guru memanglah manusia yang layak
untuk dimuliakan.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana pemahaman guru PAI tentang kompetensi
kepribadian di MA Al-Azhar Ambat Tlanakan Pamekasan. Kedua,
Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam rangka
mengembangkan kompetensi kepribadian guru PAI di MA Al-Azhar
Ambat Tlanakan Pamekasan. Ketiga, Bagaimana respon siswa terhadap
kepribadian guru PAI di MA Al-Azhar Ambat Tlanakan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah MA Al-Azhar
Ambat Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, dengan jenis deskriftif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik
pengecekan keabsahan data melaui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa kompetensi kepribadian
merupakan kemampuan bersikap seseorang baik secara vertikal
(Tuhan)dan mampu secara horizontal (manusia) dan harus dimiliki setiap
guru termasuk guru PAI karena, a)guru merupakan tolok ukur atau
cerminan bagi peserta didik dan guru-guru yang lain, jadi guru harus
mempunyai akhlak mulia b) guru harus memmpunyai IMTAQ yang kuat,
c) menjadi teladan, d) berkharisma atau berwibawa, dan e) disiplin.
Mengenai upaya kepala madrasah sudah dikatakan baik dalam
pegembangan kompetensi kepribadian guru PAI dengan memulai dari diri
sendiri menjadi contoh yang baik, membuat tata tertib dan aturan dan
mendisiplinkan semua guru. Respon siswa MA Al-Azhar, menyukai
kepribadian guru PAI Al-Azhar hal ini bisa dilihat dari antusiasnya siswa
saat guru PAI menyampaikan pelajaran dan guru PAI Al-Azhar mampu
mengondisikan kelasnya.
Tidak tersedia versi lain