Text
Pengaruh marketing mix terhadap minat anggota koperasi serba usaha puteri khadijah kabuaten pamekasan
ABSTRAK
Nor Kholifa, 2016, Pengaruh marketing mix terhadap minat anggota koperasi serba usaha puteri khadijah kabuaten pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Zainal Abidin, MEI
Kata Kunci: Marketing mix, Minat Anggota, KSU.
Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pada dasarnya lembaga koperasi sejak awal diperkenalkan di Indonesia memang sudah diarahkan untuk berpihak kepada kepentingan ekonomi rakyat yang dikenal sebagai ekonomi lemah. Kemunculan dan perkembangan Koperasi Syariah di Indonesia mulai pesat, hal ini bertujuan untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan sosial bagi anggota dan masyarakat pada umumnya. Hal tersebut tentunya didukung dengan adanya unsur-unsur manajemen yang berhasil dikelola dengan baik oleh koperasi syariah. Adanya minat anggota yang terus menigkat dan marketing mix yang baik dan bisa membuat para anggota merasa tertarik terhadap produknya.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui Apakah sistem pemasaran marketing mix (yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi) mempunyai pengaruh terhadap minat anggota KSU Puteri Khadijah; kedua, peneliti ingin mengetahui Dari ke empat variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap minat anggota KSU Puteri Khadijah.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Puteri Khadijah Kabupaten Pamekasan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing mix (yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi) mempunyai pengaruh terhadap minat anggota. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai Fhitung (10.798) ≥ Ftabel (2.52) dengan signifikan 0,000, untuk uji t yang menunjukan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) diperoleh thitung ≥ ttabel dengan signifikan ≤ 0,05 dan uji R2 sebesar 0.384/38.4%, dengan persamaan Y= 5.156 + 0.325X1 + (-0.443)X2 + 0.415X3 + 0.391X4 + e. Sedangkan Variabel yang paling dominan mempengaruhi minat anggota khususnya pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Puteri Khadijah Kabupaten Pamekasan adalah variabel tempat, alasannya karena variabel tempat memiliki nilai koefisien regresi yang terbesar yaitu 0.415 jika dibandingkan dengan variabel promosi, variabel produk dan variabel harga.
Tidak tersedia versi lain