Text
PENGARUH PERSIAPAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMEBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 TLANAKAN.
Masrullah, 2016, Pengaruh Persiapan Mengajar Guru PAI terhadap Efektivitas
Pemebelajaran di SMP Negeri 1 Tlanakan, Skripsi, Program Studi
PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah
Harun, M.Ag.
Kata Kunci: Persiapan Mengajar, Efektivitas Pembelajaran
Persiapan mengajar merupakan langkah awal yang harus dilakukan guru
baik berupa rancangan pembelajaran atau perlengkapan pembelajaran. Sehingga
guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran sesuai tujuan yang ditentukan.
Persiapan yang perlu dilakukan guru dapat berupa pemahaman guru terhadap
materi, pembuatan rencana pembelajaran dan kesehatan jasmani dan rohani (jiwa).
Efektivitas pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar yang dapat
membawa hasil lebih baik dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk
belajar aktif dan mandiri melalui penerapan strategi yang disertai penggunaan
metode dan media pembelajaran yang tepat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah pengaruh persiapan mengajar
guru PAI terhadap efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Tlanakan? kedua,
Seberapa besar pengaruh persiapan mengajar guru PAI terhadap pembelajaran
mengajar di SMP Negeri 1 Tlanakan?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik yang sifatnya adalah
korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang
lain; dalam hal ini mencari pengaruh persiapan mengajar guru PAI terhadap
efektivitas pembelajaran. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1
Tlanakan dengan sampel sebanyak 77 orang siswa. Karena subjek yang diteliti
secara keseluruhan dari kelas VII, VIII dan IX lebih dari 100 orang, yakni 514
orang siswa. Sehingga dalam penelitian ini harus menggunakan sampel. Adapun
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified proporsional
random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai
data primer, sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data
skunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis data statistik, yaitu teknik korelasi Product Moment.
Dari penelitian yang dilakukan dan berdasarkan hasil analisis data dapat
diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat Pengaruh Persiapan Mengajar Guru PAI
terhadap Efektivitas Pemebelajaran di SMP Negeri 1 Tlanakan. Hal tersebut
diketahui dengan adanya nilai r kerja sebesar 0,7851 yang lebih tinggi dari harga
kritik product moment baik pada interval kepercayaan 95% sebesar 0,220 atau
interval kepercayaan 99% sebesar 0,286. Dari nilai r kerja sebesar 0,7851
diketahui berada di antara 0,600 – 0,800 dengan interpretasi cukup. Sehingga
hipotesis kerja (H a ) diterima, sedangkan hipotesis nihil (H 0 ) ditolak.
Tidak tersedia versi lain