Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PENGURUSAN JENAZAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PADEMAWU PAMEKASAN
Fatimatus Zahroh, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw pada Materi Pengurusan Jenazah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas
Negeri I Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pengurusan
Jenazah.
4
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan model
pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama
dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur. Dalam penerapan ini
fungsi seorang guru hanya sebagai fasilitator/ pembimbing saja.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pengurusan
jenazah di SMAN 1 Pademawu? 2) Apa saja faktor pendukung penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pengurusan jenazah di SMAN 1
Pademawu? 3) Apa saja faktor penghambat penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw pada materi pengurusan jenazah di SMAN 1 Pademawu?
Penelitian ini mengguakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber datanya adalah guru, kepala sekolah, siswa. Adapun teknik analisis
datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik
pengecekan keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terdiri dari 3 komponen. a) persiapan di antaranya: memilih
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, RPP, buku paket, LKS b) langkah-
langkah pembelajaran di antaranya: menyampaikan materi, membentuk kelompok
asal, membentuk kelompok ahli, diskusi kelompok asal, evaluasi, memberi
penghargaan. c) hasil belajar di antaranya: memberikan hasil yang positif. Siswa
mampu membangun kerja sama dan komonikasi yang baik, nilainya di atas KKM,
siswa mampu berpikir kritis, kreatif dan reflektif dan siswa tidak bosan di dalam
kelas. 2) faktor pendukung penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
yaitu: a) Faktor guru/ kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw b) sarana dan prasarana c) faktor siswa/ adanya motivasi
dan minat belajar siswa d) Terciptanya suasana kelas yang bersih dan kondusif.
3) faktor penghambat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu:
a) Faktor Lingkungan/ Hubungan yang tidak harmonis antara siswa dalam
kelompok b) Terbatasnya waktu dalam menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw.
Tidak tersedia versi lain