Text
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGKES I BANGKES KADUR PAMEKASAN..
Endang Sulastri, 2015, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Dasar Negeri Bangkes I, Bangkes Kadur Pamekasan. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis
Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran PAI
Ada empat fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI di SDN Bangkes I
Pamekasan? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Bangkes I
Pamekasan? (3) Bagaimana Evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN
Bangkes I Pamekasan? (4) Kendala apa saja yang menghambat dalam
melaksanakan manajemen pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Pamekasan?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan
pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Bangkes Kadur Pamekasan, (2) pelaksanaan
pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Bangkes Kadur Pamekasan, (3) pelaksanaan
evaluasi pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Kadur Pamekasan, (4) kendala apa
saja yang menghambat dalam melaksanakan manajemen pembelajaran PAI di
SDN Bangkes I Kadur Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber
data penelitian ini adalah kepala, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data melalui data dan kesimpulan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran PAI di
SDN Bangkes 1 Bangkes Kadur Pamekasan, langkah awal yang harus dilakukan
adalah merumuskan sk, kd, indikator, selanjutnya masuk pada langkah-langkah
pembelajaran, terakhir harus mengadakan penilaian untuk mengetahui hasil
pembelajaran yang dilakukan. (2)Pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Bangkes
I Bangkes Kadur Pamekasan, dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pertama
saya memberikan motivasi kepada siswa agar dapat belajar dengan baik, kedua,
saya memberikan rangsangan materi yang akan dibahas, ketiga, memaksimalkan
siswa untuk terlibat langsung dalam belajar, keempat saya menyampaikan materi,
kelima melakukan bimbingan secara merata kepada siswa, keenam,
evaluasi.(3)Evaluasi pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Bangkes
Kadur Pamekasan dilakukan untuk mengetahui keberhasilanb pembelajaran.
Evaluasi ini dilaksanakan unuk melakukan langkah-langkah yang perlu
dikembangkan selanjutnya sehingga pembelajaran lebih berhasil dan siswa dapat
dengan mudah menerima materi yang disampaikan. Pelaksanaan evaluasi
manajemen pembelajaran PAI, untuk mengetahui suatu keberhasilan
pembelajaran yang diselenggarakan.(4) Kendala yang menghambat dalammelaksanakan manajemen pembelajaran PAI di SDN Bangkes I Bangkes
KadurPamekasan meliputi peserta didik, keluarga dan lingkungan.
Tidak tersedia versi lain