Text
PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PAMEKASAN
Zahirul Alam, 2017 Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Pamekasan, Skripsi Jurusan
Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr.
Edi Susanto, M. Fil.I
Pada saat ini mayoritas siswa SMP Negeri 3 Pamekasan tidak mengikuti
proses belajar mengajar sekolah non formal seperti Madrasah Dinyah (MD),
sehingga pemahaman siswa tentang agama sangat minim apalagi jika di rumah
kurang mendapat perhatian orang tua. Pada usia ini, siswa berada dalam keadaan
transisi antara dunia anak-anak dan remaja sehingga sering timbul goncangan dan
gejolak dalam dirinya. Salah satu kesulitan belajar PAI siswa di SMP Negeri 3
Pamekasan ini adalah baca tulis al-Qur'an ataupun masalah akhlak. Hal ini dapat
diamati ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan oleh guru PAI pada
saat di dalam atau di luar sekolah. Pendidikan guru PAI di lembaga ini adalah S1
yang sesuai dengan bidangnya yang tentunya berdasarkan latar belakang
pendidikan tersebut, guru PAI sudah dapat dikatakan memiliki kompetensi
pedagogik yaitu kemampuan mengelola pembelajaran yang efektif dan efisien.
Ada Dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana kesulitan belajar siswa pada bidang studi PAI di SMP
Negeri 3 Pamekasan. Kedua, Bagaimana peran kompetensi pedagogik guru PAI
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 3 Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu
kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab
pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari
pokok Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui
wawancara, Observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran kompetensi pedagogik guru PAI
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 3 Pamekasan yaitu,
Pertama, kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 3 Pamekasan yaitu; (a) Membaca
dan menulis Al-Qur'an, (b) Pembiasaan ibadah kurang disiplin, (c) Masalah
akhlak, (d) Siswa Kurang mampu memahami materi pelajaran dengan optimal, (e)
Sebagian kecil siswa tidak mampu mencapai tujuan kreteria ketuntasan minimal
(KKM) yang sudah ditetapkan oleh guru, (f) Siswa tidak memiliki kemampuan
bertanya kaitan dengan materi yang tidak dipahami. Kedua, peranan kompetensi
pedagogik guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 3
Pamekasan yaitu; (a) Memahami karakteristik peserta didik dengan memberi
tanda dalam absensi anak yang mengalami kesulitan belajar tersebut sehingga
menggunakan strategi pembelajaran sesuai dengan karakteristik mereka, (b)
Memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu baca tulis Al-
Qur'an dan melaksanakan baca surat-surat pendek dan baca surat Yasin ketika
jam pelajaran belum dimulai, membiasakan siswa untuk memulai pelajaran dan
mengakhirinya dengan berdoa terlebih dahulu, mengucapkan salam dan berjabat
tangan ketika bertemu dengan guru dimanapun berada, (c) Mengembangkan
kelompok-kelompok belajar.
Tidak tersedia versi lain