Text
Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan
PURBOWATI NINGRUM, 2016, Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMPN 1 Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing:
Dr. Siswanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Motivasi, Pendidikan Agama Islam
Kinerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata
pelajaran pendidikan agama Islam besar sekali pengaruhnya terhadap keberhasilan
pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan agama Islam. Kreatifitas,
3profesionalitas, dan ketekunan guru dengan berbagai usaha dapat meningkatkan
tumbuhnya motivasi belajar siswa dengan baik.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan. Kedua, Bagaimana kinerja guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan. Ketiga, Apa saja faktor pendukung
dan penghambat yang mempengaruhi kinerja guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tlanakan
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru pendidikan
agama Islam. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)motivasi belajar siswa dalam mata
pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tlanakan Pamekasan berjalan
dengan baik dan mendapat respon positif oleh siswa.metode yang dilakukan oleh
guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi belajar adalah anak dibawa
keluar kelapangan menyelesaikan masalah atau tugas, dan memberikan reward
atau hadiah.
Mengenai tingkat kinerja guru termasuk baik, yaitu: 1. Guru melaksanakan
tugas mengajar secara baik dan disiplin, 2. Menggunakan alat dan media
pembelajaran, 3. Menyusun rencana pembelajaran, 4. Mengorganisasikan bahan
pembelajaran, 5. Menilai hasil belajar dan 6. Melaksanakan proses pembelajaran
dengan baik.Faktor mendukung kinerja guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam adalahadanya
dukungan sekolah misalnya memberikan kesempatan kepada guru untuk
meningkatkan profesionalismenya dengan melanjutkan pendidikan, selain itu ada
MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Sedangkan faktor penghambatnya
ialah minat siswa terhadap mata pelajaran agama memang masih kurang dan
faktor lingkungan luar sekolah di keluarga yang kurang aktif dan mendukung.
Tidak tersedia versi lain