Text
Pengaruh Advertising dengan Da’i terhadap Minat Donatur di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Ceguk Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam
ABSTRAK
Sofiatur Riskiyah 2016, Pengaruh Advertising dengan Da’i terhadap Minat Donatur di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Ceguk Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Abd Wahed
Kata Kunci: Advertising, Minat Donatur, Lembaga ZISWAF
Persaingan antara lembaga ZISWAF pada saat ini semakin ketat. Para lembaga menggunakan media dalam berkompetensi mempromosikan produknya. Namun tidak dipungkiri bahwa konsumen jarang memberikan ruang untuk memperhatikan iklan produk tersebut. Strategi ini, menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga untuk menciptakan iklan yang menarik perhatian, sehingga dapat dingat oleh konsumen. Lembaga ZISWAF adalah sebuah lembaga yang hadir untuk membantu dan mendukung masyarakat yang kurang mampu. Advertising adalah semua bentuk penyajian dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh lembaga untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan adanya da’i di harapkan ada pencerahan dan masyarakat sadar bahwa memberikan zakat itu hukumnya wajib. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat donatur LMI Ceguk Pamekasan dan seberapa besar pengaruh advertising dengan da’i terhadap minat donatur diLMI Ceguk Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi liniear berganda, dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah donatur Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Ceguk Pamekasan yang bejumlah 67 donatur, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa advertising dengan da’i (brosur, spanduk dan majalah) berpengaruh terhadap minat donatur. Berdasarkan hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai Nilai Fhitung ≥Ftabel(7,002 ≥ 2,75)dengan signifikan 0,000, untuk uji t yang menunjukan bahwa variabel brosur (X1), spanduk (X2) majalah (X3), diperoleh thitung≥ttabel dengan signifikan ≤0,05 dan uji R2 sebesar 0,214 atau 21,4%, dengan persamaan Y = 10,133 + 0,277X1 + 0,314X2 + 0, 276X3 + e. Variabel yang paling mempengaruhi minat donatur khususnya pada Lembaga Manajemen Infak (LMI) Ceguk Pamekasan adalah spanduk alasannya karena variabel spanduk memiliki nilai koefisien regresi yang terbesar yaitu 0.314, jika dibandingkan dengan variabel brosur dan variabel majalah.
Tidak tersedia versi lain