Text
Implementasi Pembelajaran Guru Ramah Anak pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah An-Nawawi Camplong
Makmum Hidayat, 2016. Implementasi Pembelajaran Guru Ramah Anak pada
Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah An-Nawawi
Camplong. Skripsi, Jurusan Tarbiyah. Prodi Pendidikan
Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Pamekasan. Pembimbing, Dr. H. Muhammad Kasim. M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Ramah Anak, Mapel Fiqh
Implementasi pembelajaran guru ramah anak merupakan suatu role model
dalam pembelajaran yang seharusnya diterapkan pada setiap jenjang pendidikan
dalam kegiatan belajar mengajar. Sifat ramah guru terhadap anak didik akan
membuat mereka nyaman dengan kondisi dan suasana belajar sehingga semua
kreativitasnya dapat disalurkan.
Pembelajaran berbasis ramah anak akan melahirkan generasi penerus yang
memiliki perilaku tidak menyimpang, misalnya tindak kekerasan, korupsi, seks
bebas dan lain sebagainya, hal ini karena mereka merasa dihargai oleh lingkungan
sekitar. Dalam konteks pembelajaran ramah anak pada mata pelajaran fiqh juga
tidak jauh berbeda, tutur sapa yang baik dari seorang guru terhadap muridnya
membuat mereka merasa dihargai, oleh sebab itu mereka selalu merasa aman,
nyaman, senang sehingga mudah bagi mereka untuk memahami setiap baris
pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.
Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah (1). Bagaimana Proses
Pembelajaran Guru Ramah Anak Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah
Tsanawiyah An-Nawawi Camplong. (2). Masalah Apa Saja Yang Dihadapi Dalam
Penerapan Pembelajaran Ramah Anak Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah
Tsanawiyah An-Nawawi Camplong.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1)
Metode observasi; (2) Metode interview; (3) Metode dokumentasi. Sedangkan
teknik yang digunakan dalam mengecek keabsahan data adalah teknik triangulasi
yaitu teknik pengecekan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran guru
ramah anak pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum an-
Nawawi Camplong diwujudkan dengan mencerminkan pembelajaran yang
menyenangkan membuat siswa merasa betah serta nyaman. hal tersebut dapat
dilihat dari sikap guru yang ramah terhadap siswa, proses pembelajaran yang
efektif, metode yang bervariatif dan lingkungan belajar kondusif dibentuk untuk
mengakomodir karakter serta perkembangan kebutuhan belajar siswa, di samping
itu penanaman nilai-nilai keislaman oleh guru ditempuh dengan sikap ramah
terhadap anak didik.
Meski demikian, masih terdapat beberapa hambatan dalam penerapan
pembelajaran berbasis ramah anak di Madrasah Tsanawiyah an-Nawawi
Camplong, antara lain sarana dan prasarana yang kurang mendukung, begitu juga
perbedaan tipe belajar siswa yang menuntut guru memperlakukannya secara adil
dan itu butuh penyesuaian, sedangkan alokasi waktu yang tersedia masih kurang.
Tidak tersedia versi lain