Text
UPAYA PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI DI RA. MIRQATUSH SHIBYAN BANDARAN
ABSTRAK
Eni Setiawati, 2017, Upaya Penerapan Quantum Learning Dalam
Keterampilan Membaca Pada Anak Usia Dini Di Ra. Mirqatush Shibyan
Bandaran, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing:
Dr. Abd Mukhid. M, Pd
Kata Kunci: Upaya, Penerapan, Quantum Learning, Keterampilan
Membaca, Anak Usia Dini
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan
disekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar,
disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran peserta didik juga
sebagai pembimbing dan mengarahkan anak didiknya sehingga menjadi
manusia yang memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan tentunya
untuk bisa melanjutkan hidup dan utamanya untuk mencapai cita – cita
yang dimiliki dimulai dari usianya yang dini. Dalam usia yang dini
tentunya bukan hal mudah bagi seorang pendidik untuk mengajarkan
keterampilan, apalagi keterampilan membaca pada anak usia dini.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang
menjadi kajian fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana
perencanaan dalam upaya penerapan quantum learning dalam
keterampilan membaca pada anak usia dini; kedua, bagaimana
pelaksanaan dalam upaya penerapan quantum learning dalam
keterampilan membaca pada anak usia dini; ketiga, apa saja kendala dalam
penerapan quantum learning dalam keterampilan membaca pada anak usia
dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan pendidik.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik-teknik
credibility (derajat kepercayaan), dependability (kebergantungan) dan
confirmability (kepastian).
Dari hasil penelitian yang di dapatkan bahwa: pertama,
perencanaan yang dilakukan dengan cara menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan dan mengguunakan gaya belajar
peserta didik. Kedua, pelaksanaanya menggunakan sarana yang ada,
menyesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dalam pelaksanaannya
dan banyak peserta didik yang cepat bisa membaca meski cara
membacanya berbeda dalam arti ada membaca secara langsung dan ada
yang masih dieja. Ketiga, kendala menyikapi sifat peserta didik yang susah
diatur dengan tidak melakukaan perbuatan yang kasar dan dengan
iv
mengulang-ulang bacaan bagi peserta didik yang memiliki IQ yang rendah
dan lambat pola pikirnya
Tidak tersedia versi lain