Text
Peran Accoun Officer Dalam Manajemen Pembiayaan di UJKS Sumber Anyar Tlankan Pamekasan,
ABSTRAK
Faridatul Jannah, Peran Accoun Officer Dalam Manajemen Pembiayaan di UJKS Sumber Anyar Tlankan Pamekasan, Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing H. Abdul Mukti Thabrani, Lc.M.HI.
Kata kunci: Peran, Account Officer, Manajemen Pembiayaan
Pembiayaan adalah pendanaan yang diberikan lembaga pembiayaan kepada nasabah untuk tambahan modal dalam merintis sebuah usaha. Analisis pembiyaan sangat penting dilakukan dalam pemberian pembiayaan untuk menekan resiko terjadinya pembiayaan bermasalah. Pembiayaan bermasalah terjadi dari berbagai pihak, untuk itu koperasi UJKS dalam pemberian pembiayaannya untuk pencegahan awal terjadinya pembiayaan bermasalah yaitu dengan melakukan analisis pembiayaan secara teliti. Peran account officer di sini sangatlah penting karena dari awal nasabah mengajukan pembiyaan sampai pembiayaan tersebut dicairkan dan kegiatan melakukan analisis pembiayaan semua itu adalah kewenangan dari seorang account officer.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: pertama bagaimana peran account officer dalam manajemen pembiayaan di Koperasi UJKS Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan?,kedua bagaimana strategi account officer dalam mengatasi resiko pembiayaan bermasalah di Koperasi UJKS Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah manager dan account officer yang ada di UJKS Sumber Anyar. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, peran account officer dalam manajemen pembiayaan di UJKS Sumber Anyar Tlanakan yaitu melayani nasabah permohonan pembiayaan, membimbing nasabah permohonan pembiayaan untuk melengkapi persyaratan permohonan pembiayaan dan melakukan pengawasan terus menerus ke tempat usaha nasabah dan kerumah nasabah. Kedua, strategi accoun officer dalam mengatasi pembiayaan bermasalah adalah dengan melakukan rescheduling yaitu perubahan jadwal pembayaran kewajiban nasabah, reconditioning yaitu perubahan jadwal pembayaran dan jumlah angsuran, mengimformasikan lewat via telephon apabila kewajibannya sudah menunggak 3 bulan dan tindakan yang terakhir yaitu dengan melakukan penyitaan jaminan.
Tidak tersedia versi lain