Text
Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an Surat At-Tahrim Ayat 6 Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak.
ARTIKEL
Faridatul Jannah, 2017. Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an Surat At-Tahrim
Ayat 6 Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Implikasinya
terhadap Pendidikan Anak.
Kata Kunci : Pendidikan Keluarga, Surat at-Tahrim Ayat 6, Pendidikan Anak.
Abstrak
Pendidikan keluarga memegang peran vital dalam menentukan baik
tidaknya suatu keluarga. Secara umum di dalam Al-Qur’an terkandung banyak
unsur dan nilai-nilai pendidikan diantaranya adalah pendidikan keluarga. Skripsi
ini berusaha untuk mengeksplorasi konsep pendidikan keluarga mengenai nilainilai
pendidikan keluarga yang terkandung dalam Al-Qur’an surat at-Tahrim ayat
6.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana nilai-nilai pendidikan
keluarga yang terkandung pada Surat at-Tahrim Ayat 6 dalam Tafsir al-Mishbah;
kedua, bagaimana implikasi pendidikan keluarga dalam Surat at-Tahrim Ayat 6
menurut Tafsir al-Mishbah terhadap pendidikan anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research)
dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
analitik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.
Setelah data tersebut terkumpul, maka menganalisis data dengan menggunakan
teknik content analysis (analisis isi). Kemudian, keabsahan datanya menggunakan
teknik triangulasi teori,
Hasil penelitian ini adalah bahwa: pertama, pendidikan keluarga yang
terkandung dalam surat at-Tahrim ayat 6 menurut tafsir al-Mishbah yakni
pendidikan yang menyangkut pemeliharaan keluarga dari api neraka, pendidikan
yang harus ada dalam sebuah keluarga yaitu adanya pemahaman tentang hak dan
kewajiban suami-isteri, serta hak dan kewajiban orang tua-anak. Kedua, adanya
implikasi nyata antara pendidikan keluarga terhadap pendidikan anak, yaitu
lingkungan keluarga berpengaruh besar tehadap pembentukan kepribadian anak
(aliran empirisme).
Tidak tersedia versi lain