Text
PERKEMBANGAN MORAL SISWA DI SMA AL-AZIZ TLAMBAH TLAMBAH KARANG PENANG SAMPANG.
ABSTRAK
Nurul Azizah, 2017, Perkembangan Moral Siswa di SMA Al-Aziz Tlambah
Karang Penang Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan,
Pembimbing : Dr. Abd. Mukhid, M.pd.
Kata Kunci: Perkembangan moral, siswa.
Perkembangan moral adalah perkembangan yang berkaitan dengan aturan
dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia melalui
interaksinya dengan orang tua, saudara, guru ataupun teman, anak belajar mana
perilaku yang baik serta mana perilaku baik yang harus dikerjakan.
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
pertama, Bagaimana Perkembangan Moral Siswa di SMA Al-Aziz Tlambah
Karang Penang Sampang?, kedua, Apa saja Faktor yang Mempengaruhi
Perkembangan Moral Siswa di SMA Al-Aziz Tlambah Karang Penang Sampang?,
ketiga, Bagaimana upaya dalam menanggulangi perkembangan moral siswa yang
kurang baik di SMA Al-Aziz Tlambah Karang Penang Sampang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: Pertama,
Perkembangan Moral Siswa di SMA Al-Aziz Tlambah Karang Penang Sampang,
Kedua, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Siswa di SMA
Al-Aziz Tlambah Karang Penang Sampang, Ketiga, upaya dalam menanggulangi
perkembangkan moral siswa yang kurang baik di SMA Al-Aziz Tlambah Karang
Penang Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah siswa, Guru Pendidikan Agama Islam dan
Kepala Sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Perkembangan Moral
siswa tergolong baik, karena sekolah ini berada di lingkungan pesantren yang
tentunya sudah lekat dengan keagamaan. Namun tidak semuanya demikian,
karena sekolah ini tidak hanya santri yang masuk di Sekolah Menengah Atas ini,
melainkan banyak juga murid-murid dari luar pesantren. Kedua, faktor yang
mempengaruhi perkembangan moral siswa di SMA Al-Aziz adalah faktor
lingkungan, entah itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan
masyarakat yang meliputi, Konsisten dalam mendidik anak, Media dan Peniruan,
2
Agama, Penerapan norma, Harmonisasi hubungan orang tua, Tingkat Penalaran,
Interaksi sosial dan Teman Sebaya. Ketiga, Upaya dalam menanggulagi
perkembangan moral siswa yang kurang baik. Upaya yang dilakukan oleh para
guru dan Kepala Sekolah di sekolah ini diantaranya, pengasuhan dan teladan yang
baik, perintah dan larangan, hukuman, dan pendidikan karakter.
Tidak tersedia versi lain