Text
.Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Perbaikan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Noer Azizah, 2017, Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Perbaikan Akhlak
Siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih Kecamatan
Pamekasan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Muhammad Jamaluddin,
M.Pd
Kata Kunci: Kewibawaan Guru, Perbaikan Akhlak Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini diantaranya yaitu, pertama adakah pengaruh kewibawaan guru terhadap
perbaikan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih
Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh
kewibawaan guru terhadap perbaikan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin
Kelurahan Bugih Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Al-Amin
Kelurahan Bugih Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan sebanyak 74
siswa. Karena jumlah populasinya kurang dari 100 orang maka dilaksanakan
population research atau penelitian populasi. Dalam penelitian ini pengumpulan
datanya menggunakan beberapa instrumen diantaranya; angket, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan
dalam menganalisis data adalah teknik statistik dengan rumus product moment.
Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh kewibawaan guru
terhadap perbaikan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih
Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil analisis
statistik yang menunjukkan bahwa setelah r kerja adalah 0,678 dikonsultasikan
dengan niali kritik product moment pada N = 74 dengan nilai kontrol taraf
signifikansi 95% = 0,229, dan taraf signifikansi 99% = 0,298 ternyata r kerja
(0,678) lebih besar dari harga kritik product momentnya. Dengan demikian maka
dapat dikatakan ada korelasi positif antara kedua variabel tersebut. Sehingga
hipotesa kerja (Ha) yang menyatakan: “Ada pengaruh kewibawaan guru terhadap
perbaikan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih
Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan”, diterima kebenarannya. Untuk
mengetahui besar kecilnya hubungan antara kedua variabel tersebut r kerja
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi product moment, dimana r kerja
berada pada rentangan nilai antara 0,600 sampai dengan 0,800, yang berarti
korelasi atau urgensi kedua variabel berada pada taraf signifikansi yang cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, kewibawaan guru terhadap
perbaikan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Al-Amin Kelurahan Bugih
Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan perlu ditingkatkan, hal ini dapat
diupayakan dengan meningkatkan keahlian sesuai dengan bidangnya dan
Tidak tersedia versi lain