Text
Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
ABSTRAK
Desi Ayu Diyawati, 2017, Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan
Citra PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Farid
Firmansyah, M.M
Kata Kunci :Strategi, Hubungan Masyarakat, dan Citra.
Perkembangan dunia perbankan yang ada di Indonesia begitu pesat.
Persaingan pasar yang semakin ketat antar perbankan konvensional, tidak kalah
pesat dengan bank syariah meskipun tidak menerapkan sistem bunga. Pentingnya
pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan
masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran akan menjadi semakin
penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Oleh karena itu
perbankan senantiasa mampu mempromosikan tanpa harus menjatuhkan nama
baik dari perusahaan tersebut, akan tetapi untuk mengangkat nama baik
perusahaan terhadap masyarakat yaitu melalui Hubungan Masyarakat dalam
meningkatkan citra yang dimiliki perusahaan, salah satunya melakukan kerjasama
dengan lembaga. Kerjasama dalam membina hubungan baik antara nasabah
dengan bank, meningkatkan citra perusahaan untuk mencari calon nasabah.
Selanjutnya perbankan harus mampu menjalankan strategi tersebut sehingga dapat
diterima oleh kalangan masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian dalam penelitian ini
adalah: Bagaimana Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra
PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah
pihak PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Hasil penelitian bahwa
Hubungan Masyarakat yang dilakukan oleh PT. BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan melalui faktor Eksternal berdasarkan faktor pasar, tipe layanan, dan
variabel segmen masyarakat yang akan menjadi calon nasabah. Setelah
menetepkan faktor eksternal melalui hubungan masyarakat, fungsi dari faktor
internal yaitu nilai-nilai yang di anut di PT. BPRS SPM, atribut, serta visi dan
misi perusahaan yang dijalankan oleh organisasi hubungan masyarakat dalam
meningkatkan citra perusahaan.
Strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra di PT. BPRS
SPM dengan cara melakukan penilaian situasi yang tepat sasaran, memberikan
program layanan yang bagus, memberikan sponsor kepada nasabah, menyusun
dan melaksanakan pemasaran dan promosi bank, mencari calon nasabah dan
membina hubungan baik dengan nasabah, melaksanakan prinsip syariah di dalam
perusahaan. Hal yang dapat mempengaruhi citra masyarakat dalam beberapa
langkah tersebut berdasarkan rumor atau cerita dari mulut ke mulut bahwa PT.
BPRS Sarana Prima Mandiri adalah bank yang dapat dipercaya
Tidak tersedia versi lain