Text
Analisis Pemasaran Pada Produk Koperasi (Studi Kasus Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan)
ABSTRAK
Mauidatul Hasanah, 2017, Analisis Pemasaran Pada Produk Koperasi (Studi
Kasus Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan), Skripsi, Program
Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dn Bisnis Islam. Pembimbing: Dr. Sri
Handayani, MM.
Kata Kunci: Analisis pemasaran, pemasaran pada produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pemasaran dengan mengacu pada
analisis pemasaran yang mengenai seberapa besar peluang pemasaran yang telah
dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan. Dan
memberikan rekomendasi dari temuan kelemahan yang terdapat pada BMT UGT
Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan. Aktvitas pemasaran pada produk yang
diteliti meliputi pemasaran yang dilakukan di BMT UGT Sidogiri Cabang
Pembantu Tlanakan dan perencanaan pemasaran sebelum melakukan pemasaran
pada produk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan data
wawancara/interview, dokumentasi dan observasi. Dan tehnik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik
pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Peluang pemasaran yang dilakukan
oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan baik dari segi funding dan
lending nya dan juga produk GES yang dimilki oleh BMT UGT Sidogiri peluang
yang paling besar yang dimiki yaitu pasar, sehingga semua produk yang dimmilki
oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan semua dipasarkan di pasar.
Pemilihan sasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu
Tlanakan untuk memasarkan produk yang dimilki baik dari segi penghimpun dana
dan penyaluran dana sasaran yang dituju oleh BMT UGT Sidogiri yaitu para
pedagang yang ada di pasar. Perencananstrategi pemasaran untuk memasarkan
produk yang dimilki oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan yaitu
melalui cara mempererat hubungan silaturrahmi kepada antar masyarakat
khususnya kelompok yang ada dipasar serta memasarkan masing-masing produk
yang dimiliki oleh BMT UGT Sidogiribaik dalam segi produk funding dan
lending nya serta pembiayaan GES nya. Adapun dari perencanaan program
pemasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan
yaitu dipasarkan kepada kelompok majlis, kelompok jema’ah dan juga kelolmpok
pasar dan juga lembaga madrasah dan lembaga sekolah. Pelaksanaan pemasaran
yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan dalam
memasarkan produk yang dimilikinya baik dari segi funding dan lending nya dan
juga GES, yaitu dipasarkan oleh karyawan bagian Marketting dan AOSP
Tidak tersedia versi lain