Text
Pengaruh Strategi Layanan Sistem Jemput Bola Tabungan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT NU Cabang Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Lutfianto, 2017, Pengaruh Strategi Layanan Sistem Jemput Bola Tabungan Terhadap
Kepuasan Nasabah di BMT NU Cabang Larangan Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Farid Firmansyah,
MM.
Kata Kunci: Strategi Layanan Sistem Jemput Bola, Kepuasan Nasabah
Pada awal beroperasinya BMT NU Cabang Larangan Pamekasan tentu bukanlah hal
yang mudah untuk mendapatkan nasabah, apalagi dengan latar belakang lembaga keuangan
yang masih baru dimata masyarakat pada waktu itu, sehingga para karyawan khususnya
bagian tabungan lebih ekstra dalam memasarkan dan memberikan pemahaman mengenai
produk-produknya. BMT NU menerapakan strategi layanan sistem jemput bola pada produk
tabungan sebagai salah satu strategi dengan mengangkat kualitas menjadi strategi promosi,
untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara mempermudah nasabahnya untuk
mengakses layanan BMT. tujuan dengan adanya layanan ini adalah memberikan kemudahan
excellent service, memberikan kepuasan, dan membangun tingkat emosional nasabah.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah
pertama: Adakah pengaruh strategi layanan sistem jemput bola tabungan terhadap kepuasan
nasabah di BMT NU Cabang Larangan Pamekasan; kedua, Seberapa besar pengaruh strategi
layanan sistem jemput bola tabungan terhadap kepuasan nasabah di BMT NU Cabang
Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian yang dilakukan
adalah jenis kausal dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yang berguna untuk
mengukur kekuatan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan
arah hubungan antara variabel dependen dengan veriabel independen, dan prosedur
pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama: Terdapat pengaruh yang
signifikan Strategi Layanan Sistem Jemput Bola Tabungan Terhadap Kepuasan Nasabah
dengan melihat nilai signifikansi dari variabel independen sebesar 0,000 berada di bawah
0,05, Selain itu dapat pula dilihat dari t hitungnya, dengan membandingkan t hitung dengan t
tabel . hasil uji t hitung dari variabel independen sebesar 12,232>1,652 (t hitung > t tabel ) yang
berarti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen; kedua, Nilainya R Square
adalah 0,443 atau 44,3% yang berarti bahwa variabel independen mampu menjelaskan atau
mempengaruhi variabel dependen sebesar 44,3% Sedangkan sisanya (100%-44,3=55,7%)
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian yang telah diuraikan dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Layanan Sistem Jemput Bola Tabungan
Terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 44,3%, hal ini kurang dari hipotesis yang menyebutkan
bahwa berpengaruh sebesar 65%, Sedangkan sisanya (100%-44,3=55,7%) dipengaruhi oleh
variabel-variabel lain, seperti halnya Harapan dan persepsi kinerja, Kualitas produk dan jasa,
Kualitas layanan dan kepuasan karyawan yang cukup tinggi yaitu 55,7%
Tidak tersedia versi lain