Text
Strategi Promosi Pemberian Beasiswa Dalam Meningkatkan Nasabah pada Produk Sidik Fathonah Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Ummat (KJKS BMT NU) Cabang Galis Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Rasuli Abdullah, 2017, Strategi Promosi Pemberian Beasiswa
Dalam Meningkatkan Nasabah pada Produk Sidik Fathonah Koperasi Jasa
Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Ummat (KJKS BMT NU)
Cabang Galis PamekasanJurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi
Perbankan Syariah, Pembimbing:Dr. H. Nashar, SE, MM., M.Si.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Pemberian Beasiswa, Meningkatkan Nasabah
Koperasi jasa keuangan syariah BMT NU cabang Galis menyediakan
produk simpanan pendidikan atau dikenal dengan istilah Sidik Fathonah. Produk
Sidik Fathonah adalah simpanan yang disediakan bagi masyarakat yang ingin
menyiapkan dana pendidikan sejak dini bagi putra dan putrinya, namun seiring
berjalannya waktu kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat, terlebih lagi
masalah dana pendidikan. Berbanding terbalik dilihat dari jumlah nasabah sidik
fathonah di BMT NU cabang Galis yang kurang mendapat respon positif dari
masyarakat dibandingkan dengan tabungan yang lain.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitin ini
adalah:Pertama, Bagaimana pengimplementasianstrategipromosi pemberian
beasiswa di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul mal wat tamwil Nuansa
Ummat (KJKS BMT NU) cabang Galis terhadap lembaga pendidikan Kecamatan
Galis Pamekasan?. Kedua, 2. Bagaimana respon lembaga pendidikan madrasah
ibtidaiyah dari adanya beasiswa untuk produk sidik fatonah di Koperasi Jasa
Keuangan Syariah Baitul mal wat tamwil Nuansa Ummat (KJKS BMT NU)
cabang Galis Pamekasan?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik
pengumpulan data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik
dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa:
Pertama, strategi promosi KJKS BMT NU Cabang Galis tidak memiliki strategi
khusus namun strategi promosi yang digunakan BMT NU sama dengan strategi
promosi pada umumnya seperti halnya personal selling (mengunjungi nasabah
secara langsung), iklan, dan promosi penjualan (yang menggunakan
brosur).Kedua,KJKS BMT NU Cabang Galis memperoleh respon positif dari
pihak lembaga pendidikan dan b.
Minat lembaga pendidikan setiap tahunnya
semakin meningkat dengan adanya pemberian beasiswa sebagai suatu alat untuk
menarik minat nasabah
Tidak tersedia versi lain