Text
“Pengaruh Strategi Marketing Terhadap Volume Penjualan Produk di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam
ABSTRAK
Badriyah, 2016, “Pengaruh Strategi Marketing Terhadap Volume Penjualan Produk di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, S.ST., MM
Kata Kunci: Strategi Marketing, Volume Penjualan Produk
Pemasaran merupakan hal yang paling penting dalam dunia bisnis. Kesuksesan bisnis menunjukkan keberhasilan pemasar dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kesuksesan dalam menjalankan strategi pemasaran akan memberikan kepastian bagi suksesnya bisnis. Bank dalam melakukan pemasaran, harus memiliki beberapa sasaran karena untuk memasuki pasar yang luas menjadi tidak mudah. Segmentasi pasar akan memberikan kemudahan kepada bank untuk menentukan pasar sasaran, bank harus menetapkan target pasar yang menjadi sasaran dari suatu produknya, dan setelah itu, dapat menetapkan posisi pasar. Tujuan pokok strategi segmentation, targeting, serta positioning yaitu memposisikan suatu produk agar sampai ke benak konsumen.
Rumusan masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Adakah pengaruh strategi marketing yang terdiri dari segmentation, targeting, positioning Terhadap Volume Penjualan Produk di bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan?; kedua, Apa subvariabel marketing segmentation, targeting, positioning yang paling dominan berpengaruh terhadap Volume Penjualan Produk di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS Versi 18. Jenis data adalah data primer. Respondennya sejumlah 22 karyawan yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisiensi determinasi.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda menyatakan bahwa ada pengaruh antara strategi marketing dengan volume penjualan produk. Hasil uji t secara parsial menunjukkan bahwa hanya strategi segmentation yang mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan produk di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Hasil uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung < Ftabel, sehingga keputusannya adalah menerima Ho artinya variabel X (strategi segmentation, targeting dan positioning) secara simultan tidak mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan produk di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Hasil koefisien regresi pada model persamaan regresi berganda menunjukkan bahwa segmentation, targeting, dan positioning berpengaruh pada volume penjualan. Variabel segmentation yang paling dominan kontribusinya terhadap volume penjualan produk di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan yaitu sebesar 37,1%
Tidak tersedia versi lain