Text
“Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Ma’had Al-Haromain MAN Pamekasan
A B S T R A K
Mansur, 2017, Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta
Program Ma’had Al-Haromain MAN Pamekasan, Skripsi, Program
Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif,
M.Ag.
Kata Kunci: Cara Belajar, Prestasi Belajar
Cara belajar merupakan suatu cara bagaimana siswa melaksanakan kegiatan
belajar misalnya bagaimana mereka mempersiapkan belajar, mengikuti pelajaran,
aktivitas belajar mandiri yang dilakukan, pola belajar mereka. Kualitas cara
belajar akan menentukan kualitas hasil belajar yang diperoleh. Cara belajar yang
baik akan menyebabkan berhasilnya belajar, sebaliknya cara belajar yang buruk
akan menyebabkan kurang berhasil atau gagalnya belajar.
Prestasi belajar merupakan indikator penting dalam melihat keberhasilan
proses pembelajaran, khususnya proses belajar siswa. Prestasi belajar dipakai
sebagai hasil yang dicapai siswa setelah melalui proses belajar.Prestasi belajar
merupakan cermin dari hasil belajar seorang siswa, dimana semakin rajin dia
belajar maka akan semakin bagus juga hasil yang akan diperoleh siswa tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah pengaruh antara cara belajar
terhadap prestasi belajar siswa Peserta Program Ma’had Al-Haromain MAN
Pamekasan? kedua, Seberapa besar pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar
siswa Peserta Program Ma’had Al-Haromain MAN Pamekasan?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik yang sifatnya adalah
korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang
lain; dalam hal ini mencari pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Al-Haromain MAN Pamekasan
dengan populasi sebanyak 44 orang siswa. Karena subjek yang diteliti secara
keseluruhan dari kelas X, XI dan XII kurang dari 100 orang, yakni 44 orang
siswa. Sehingga dalam penelitian ini harus menggunakan seluruhpopulasi. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai data primer, sedangkan
observasi dan dokumentasi sebagai data skunder. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data statistik, yaitu
teknik korelasi Product Moment.
Dari penelitian yang dilakukan dan berdasarkan hasil analisis data dapat
diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh antara cara belajar terhadap
prestasi belajar siswa Peserta Program Ma’had Al-Haromain MAN Pamekasan.
2
Hal tersebut diketahui dengan adanya nilai r kerja sebesar 0,57 yang lebih tinggi
dari harga kritik product moment baik pada interval kepercayaan 5% sebesar
0,304 atau interval kepercayaan 1% sebesar 0,393. Dari nilai r kerja sebesar
0,57diketahui berada di antara 0,40 sampai dengan 0,70 dengan interpretasi
cukup. Sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nihil (H0)
ditolak.
Tidak tersedia versi lain