Text
PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK TABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WATTAMWIL NUANSA UMAT CABANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Akhmad Ansharullah, 2017, Pengaruh Personal Selling Terhadap Kepuasan
Nasabah Produk Tabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan
Syariah Baitul Maal Wattamwil Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis
Islam, Pembimbing: Lely Shofa Imama, MSI.
Kata Kunci: Personal selling, Kepuasan.
Personal selling adalah salah satu kunci untuk mencapai kepuasan nasabah.
KSPPS BMT NU Cabang Galis dituntut untuk memenuhi kepuasan nasabah dengan
tahap-tahap personal selling yang terdiri dari (pendekatan, presentasi, mengatasi
keberatan, menutup penjualan dan tindak lanjut). Perkembangan dan persaingan
lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan akan berdampak
bagaimana kenyamanan dan kepuasan nasabah sehingga KSPPS BMT NU Cabang
Galis dituntut untuk bisa memuaskan nasabahnya dalam artian jumlah nasabah
akan bertambah dan menjadi loyal. Dari hal tersebut menghasilkan pertanyaan
besar yaitu adakah pengaruh personal selling terhadap kepuasan nasabah produk
Tabah di KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan.
Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti mengunakan pendekatan
kuantitatif melalui instrumen angket yang disebarkan kepada responden. Untuk
selanjutnya diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 20 for windows untuk menguji
1hipotesis berdasarkan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan terkahir uji
regresi linier sederhana.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa
personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
produk Tabah pada KSPPS BMT NU Cabang Galis. Berdasarkan hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung (8,947) > t tabel (1,66256) dengan taraf signifikan
sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai koefisien beta yang bernilai
positif. Berdasarkan uji koefisien determinasi pengaruh yang diberikan oleh
personal selling terhadap kepuasan nasabah produk Tabah sebesar 48,2% dan
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain