Text
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Loyality di KSPP Syariah BMT Nuansa Ummat Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan. Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Mutawakkil Alallah 2016, Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Loyality di KSPP Syariah BMT Nuansa Ummat Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan. Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. H. Nashar, SE., MM., M.Si
Kata Kunci : Relationship Marketing dan Customer Loyality
KSPP Syariah BMT Nuansa Ummat (NU) Jawa Timur Cabang Pakong yang terletak di JL. Raya Bandungan Pakong Pamekasan dengan posisi yang sangat strategis dan mudah diakses oleh masyarakat sekitar maupun jauh. Akhirnya pada tanggal 23 Maret 2016 Pengurus MWC NU bersama–sama dengan peserta lokakarya menyepakati untuk mendirikan sebuah cabang usaha simpan pinjam pola syariah yang diberi nama KSPP Syariah BMT Nuansa Ummat (NU) Jawa Timur Cabang Pakong. BMT Nuansa Ummat (NU) Cabang Pakong adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa dimana nasabahnya memiliki kebutuhan jangka panjang. Tidak hanya fokus pada pelayanan jasa, akan tetapi merupakan salah satu perusahaan yang bekerja dalam bidang profit atau sifatnya mencari keuntungan yang sesuai dengan syariah.
Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, 1) Apakah Relationship Marketing mempunyai pengaruh terhadap Customer Loyality di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan?. 2) Variabel manakah yang paling berpengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Loyality KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui relationship Marketing mempunyai pengaruh terhadap Customer Loyality di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Loyality KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi liniear berganda, dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Objek penelitian ini adalah nasabah BMT NU Cabang Pakong yang berjumlah 252 anggota, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sebagian jumlah populasi sebanyak 71 anggota sesuai dengan rumus Consuelo G. Sevilla
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan relationship marketing secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap customer loyality. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai Fhitung (40,475) ≥ Ftabel (3,12) dengan signifikan 0,000. Variabel yang paling dominan mempengaruhi customer loyality di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan yaitu membangun pelayanan kemitraan dengan nasabah (x2) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0.198%, apabila dibandingkan dengan variabel pemahaman terhadap keinginan pelanggan (X1).
Tidak tersedia versi lain