Text
PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI. MADRASAH ALIYAH NEGERI PAMEKASAN
Ach. Faisol Hidayat, 2016, “Peran Guru Pada Pembelajaran Aktif Berbasis
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di. Madrasah Aliyah Negeri
Pamekasan” Skripsi, program studi pendidikan agama islam , jurusan tarbiyah,
pembimbing Dr.H. Moh Muclis Solichin.M.Ag.
Kata kunci: Peran Guru, Pembelajaran Aktif, Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Ada tiga fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1.Apa dasar
pemikiran pelaksanaan pembelajaran aktif berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi di MAN Pamekasan, 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aktif
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN Pamekasan, 3. Apa saja
faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran aktif berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN Pamekasan,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian
menggunakan deskriptif, prosedur pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan
reduksi data, display data, dan verivikasi/ kesimpulan.
Adapun hasil penelitian bahwa pertama Dasar Pemikiran Pelaksanaan
Pembelajaran Aktif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN
Pamekasan adalah siswa maupun guru merupakan hal yang penting untuk
diterapkan khususnya dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki kemampuan
dalam pembelajaran diabad 21 yang menggunakan informasi teknologi. Kedua,
Pelaksanaan Pembelajaran aktif di MAN Pamekasan, Menggunakan pembelajaran
facebook dan bisa chatting di facebook di MAN Pamekasan sudah dilakukan.
Ada beberapa Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran di MAN Pamekasan yang
sudah dilaksanakan dengan menyampaikan materi pelajaran menggunakan Laptop
dengan Proyektor dan berbagai aplikasi-aplikasi yang tidak hanya mengandalkan
penjelasan dari guru melainkan menggunakan ( Qwiper school ) dari aplikasi ini
anak tinggal mengerjakan di rumah dengan aplikasi itu hasilnya bisa dikirim
melalui gambar atau tulisan. Fungsi seorang guru di MAN Pamekasan ini,adalah
sebagai Fasilitator, Motivator dalam pembelajaran aktif. tidak seperti, ( Innote
Speker ) tetapi lebih banyak menjadi Fasilitator memberi arahan, bimbingan,
artinya sentralnya adalah murid. Ketiga, faktor penghambat dan pendukung
pelaksanaan pembelajaran aktif di MAN Pamekasan dalam mengoprasikan
beberapa sarana dan prasarana tidak semuanya guru mengetahui cara
mengoprasikan komputer, Mati lampu ( Padam ) dan Ketersediaan Proyektor, Wi-
fi sinyalnya naik turun, kemudian LCD terbatas. Pendukung dalam pelaksanaan
pembelajaran aktif di MAN Pamekasan sudah mulai tersedia seperti tersedianyaWi-fi ,Proyektor, LCD, Laptop/Komputer serta perpustakaan,dan dapat
mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan TIK.
Tidak tersedia versi lain