Text
Pengaruh Atribut Produk Tabungan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Pendidikan SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
ABSTRAK
Ach.Khoironi Muhyi, 2017. Pengaruh Atribut Produk Tabungan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Pendidikan SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Atribut Produk, Keputusan Nasabah.
Saat ini lembaga keuangan memiliki peran yang sangat penting, semua kegiatan ekonomi hampir tidak mungkin terhindar dari peran lembaga keuangan.Persaingan global sendiri telah merupakan fakta dalam kehidupan ekonomi yang terjadi tidak hanya dipasar barang saja, melainkan juga dipasar jasa. Manusia memuaskan kebutuhan dan keinginan dengan produk dan jasaProduk mempunyai fungsi,bentuk dan arti, ketika konsumen membeli suatu produk, mereka berharap produk tersebut menjalankan fungsinya,Adanya atribut produk menjadi salah satu faktor untukmempengaruhi konsumen atau nasabah. perusahaan harus memiliki daya pembeda, sehingga perusahaan dalam menciptakan produk akan sangat selektif memilih daya pembeda tersebut, salah satu daya pembeda tersebut yaitu memperhatikan atribut-atribut produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, yang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pemasaran dari suatu produk.
Tujuan dari penelitian ini, pertama: peneliti ingin mengetahui pengaruh atribut produk tabungan terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan pendidikan SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan; kedua: peneliti ingin mengetahui variabel mana dari atribut produk yang memiliki pengaruh paling dominanterhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan pendidikan SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat hubungan kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji statistiknya menggunakan uji t, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
Dari hasil pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linear berganda Y = 4,915 + 0,207X1 + 0,087X2 + 0,290X3 + 1,695X4 + bnXndan besarnya pengaruh atribut produk yang dijelaskan dalam variabel kualitas; fitur; desain dan merek terhadap keputusan nasabah sebesar 77,9%. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa X1nilai thitung 1,312, 0,05; X2 nilai thitung0,585< ttabel1,671dengan taraf siginifikan 0,561> 0,05; X3 nilai thitung1,305< ttabel1,671dengan taraf signifikan 0,197>0,05; dan X4 nilai thitung 9,122>ttabel1,671dengan taraf signifikan 0,000 Ftabel 2,75 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti atribut produk yang dijelaskan dalam variabel kualitas; fitur; desain dan merek terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan pendidikan SIDIK Fathonah di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Berdasarkan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 77,9%
Tidak tersedia versi lain