Text
Pengaruh Internal Business Process terhadap Customer Retention di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima mandiri Pamekasan
ABSTRAK
Rodini Wulandari, 2017. Pengaruh Internal Business Process terhadap Customer Retention di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima mandiri Pamekasan. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. Rudy Haryanto, S.ST, MM
Kata Kunci: Internal Business Process, Customer Retention
Konsep internal business process ini memberikan peluang bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan bukan hanya dari aspek keuangannya saja yang diukur, akan tetapi secara keseluruhan sebagai dasar penilaian strategik. Internal business process disini dapat diterapkan disemua lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang jasa ataupun yang lainnya, karena metode internal business process sangat mudah untuk dikembangkan dan diterapkan, sehingga dengan menggunakan metode internal business process diharapkan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan mampu memperbaiki kualitas dan kinerja perusahaan yang nantinya akan berpengaruh terhadap customer retention.
Tujuan penelitian ini, pertama: peneliti ingin mengetahui pengaruh Internal Business Process terhadap Customer Retention di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan; kedua: peneliti ingin mengetahui variabel mana dari Internal Business Process yang paling signifikan berpengaruh terhadap Customer Retention di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 nasabah dengan kriteria, nasabah pembiayaan maupun tabungan yang berusia diatas 17 tahun dan sudah menjadi nasabah maksimal 3 tahun. tekhnik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji statistiknya menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Dari hasil pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = 6,285 +0,602X1+0,766X2+0,135 X3+ e dan besarnya pengaruh internal business process yang dijelaskan dalam variabel proses inovasi; proses operasi dan layanan purna jual terhadap Customer Retention sebesar 43,8%. Berdasarkan uji t untuk thitung X1, X2 berturut- turut 4,298, 4,097 yang lebih besar dari ttabel (1,661) yang berarti secara parsial X1, X2 dinyatakan signifikan. Sedangkan untuk X3= 0,747 yang secara parsial tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Sedangkan berdasarkan uji F diperoleh Fhitung (28,236) > Ftabel (2,70) yang berarti ada pengaruh Internal Business Process terhadap Customer Retention. Sehingga variabel proses inovasi merupakaan variabel yang paling signifikan berpengaruh terhadap Customer Retention di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Berdasarkan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 43,8%.
Tidak tersedia versi lain