Text
METODE PENANAMAN AQIDAH PADA SISWA DI TK TARBIYATUS SHIBYAN MONDUNG DASOK PADMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
SITI AISYAH. Metode Penanaman Aqidah Pada Siswa di TK Tarbiyatus
Shibyan Mondung Dasok Pademawu Pamekasan. Skripsi, program
studiPendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr.H. Nor Hasan, M. Ag
Kata Kunci: Metode Penanaman Aqidah
Pelaksanaan penerapan penanaman aqidah apasiswa di TK Tarbiyatus
Shibyan Mondung Dasok Pademawu Pamekasan bertujuan untuk
mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menanamkan
aqidah pada siswa agar tertanam beneih-benih keimanan dan ketakwaan kepada
Allah sedini mungkin dalam kepribadian siswa yang terwujud dalam kehidupan
sehari-hari.
Penelitian ini difokuskan pada: (1) Apa sja metode yang dilakuan guru
dalam menanamkan aqidah pada siswa di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung
Dasok Pademawu Pamekasan. (2) Bagaiman cara penerapan metode penanaman
aqidah pada siswa di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung Dasok Pademawu
Pamekasan. (3) Bagaimana hasil penerapan metode penanaman aqidah pada siswa
di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung Dasok Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif
yaitu dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk
menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) metode yang dilakukan guru dalam
menanamkan aqidah di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung Dasok Pademawu
Pamekasan yaitu pertama metode tanya jawab, yang kedua metode kisah, yang
ketiga metode keteladanan, dan keempat metode pembiasaan. (2) Penerapan
metode penanaman aqidah pada siswa di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung Dasok
Pademawu Pamekasan terlaksana dengan baik, yaitu dilihat dari apa yang telah
dirancang dan direncanakan sudah sesuai dengan kondisi dan perkembangan
siswa dengan prinsip belajar sambil bermain. Adapun metode yang digunakan
guru dalam menanamkan aqidah pada siswa dalam menanamkan aqidah pada
siswa di TK adalah Metode kisah/cerita yangbanyak digunakan untuk
mengajarkan cerita tentang Nabi dan Rasul Allah, metode hiwar (tanya jawab)
yang digunakan guru dalam menyampaikan pesan pelajaran dengan cara
mengajukan pertanyaan kepada siswa atau siswa diberi kesempatan untuk
bertanya kepada guru, metode pembiasaan yang ditanamkan dalam kehidupan
sehari-hari yang pada gilirannya diharapkan dapat bermuara dalam kehidupan
nyata, misalnya guru membiasakan berdoa dalam setiap aktifitas yang dilakukan,
yaitu dengan memberi contoh yang baik dalam setiap aktifitas yang di lakukan
siswa. (3)indikatorkeberhasilan yang dicapai dalam metode penanaman aqidah
pada siswa di TK Tarbiyatus Shibyan Mondung Dasok Pademawu
Pamekasandengan metode yang digunakan adalah sangat baik. Hal ini dilihat dari
nilai keseharian siswa yang tertuang dalam penilaian guru siswa dapat menerima
materi dengan baik.
Tidak tersedia versi lain