Text
Citra Produk dalam Membentuk Loyalitas Nasabah pada Deposito Mudharabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
ABSTRAK
Faridatun Nisak, 2017, “Citra Produk dalam Membentuk Loyalitas Nasabah pada Deposito Mudharabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Dr. H. Nashar, SE. MM., M.Si.
Kata Kunci: Citra Produk, Loyalitas Nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan merupakan salah satu diantara lembaga keuangan Islam yang ada di indonesia. Setiap lembaga keuangan mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut yaitu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat madura dalam bertransaksi sesuai dengan syariah Islam. Semua itu tidak lepas dari citra produk yang dibangun oleh sebuah perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penetapan citra produk pada deposito Mudhrabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dan bagaimana upaya nasabah BPRS SPM Pamekasan membentuk loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui penetapan citra produk pada deposito Mudhrabah dan upaya nasabah BPRS SPM Pamekasan membentuk loyalitas nasabah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan tersebut.
Penulis dalam hal ini menggunakan penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan deskriptif-kualitatif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orangdan perilaku yang dapat diamati. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Objek penelitian yaitu PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi, pengecekan kebenaran informasi tertulis dalam naskah rencana laporan penelitian kepada para informan dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penetapan citra produk yang ditetapkan di PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan sangatlah diminati oleh konsumen karena penetapannya sangat tepat dan yang paling penting sesuai dengan aturan-aturan Syariah. Upaya nasabah membentuk suatu loyalitas yaitu dengan cara melakukan pembelian secara berulang-ulang, tidak terpengaruh oleh produk lain dan merekomendasika kepada orang lain mengenai produk deposito Mudharabah tersebut. Kemajuan sebuah lembaga tergantung pada citra produk lembaga itu sendiri. Semakin baik bank tersebut membangun sebuah citra produk maka akan semakin positif persepsi nasabah terhadap produk bank tersebut, maka bank akan dapat menarik dan mempertahankan nasabahnya
Tidak tersedia versi lain