Text
PENDIDIKAN KEAGAMAAN PADA ANAK DI PERKOTAAN JALAN SYAMSUL ARIFIN, KELURAHAN POLAGAN SAMPANG
pendidikan keagamaan adalah terjadinya transpormasi mata pelajaran yang berisi tentang ilmu pengetahuan yang mengajarkan dan menanamkan tetnang nilai-nilai ajaran agama islam pada peserta didik. adapun latar belakang masalah skripsi ini adalah di kota sampang jalan syamsul arifin, kondisi anak perkotaan yang sudah mulai meninggalkan agama islam dan berlomba-lomba masalah pengetahuan umum.
ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian dalam penelitian ini pertama, bagaimana pola meningkatkan pendidikan keagamaan anak diperkotaan jalan syamsul arifin, kelurahan polagan sampang. kedua, bagaimana upaya orang tua dalam meningkatkan keinginan dan minat anak perkotaan pada pendidikan keagamaan jalam syamsul arifin, kelurahan polagan sampang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif dimana penelitian berupaya mendiskriptifkan fenomena yang diteliti tentang pendidikan keagamaan anak perkotaan, dengan demikian dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan bentuk upaya upaya yang dilakukan dalam pendidikan keagamaan anak perkotaan. dalam hal ini peneliti lebih menekankan terhadap perilaku atau hasil wawancara dengan informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pola yang ada di masyarakat, anak diperkotaan lebih memprioritaskan pendidikan formal dari pada pendidikan keagamaan, kedua, adanya upaya kerja sama antara orang tua dengan anak, antar orang tua dengan anak, atara orang tua dengan pihak sekolah baik guru ataupun kepala sekolah.
Tidak tersedia versi lain