Text
Peran Kualitas Pelayanan Dalam Strategi Bersaing Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaaan Dana Pensiun Di Bank Syariah Mandiri Cabang Sampang
ABSTRAK
Halimatus Sa’diyah, 2017, Peran Kualitas Pelayanan Dalam Strategi Bersaing Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaaan Dana Pensiun Di Bank Syariah Mandiri Cabang Sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H. Wadhan, SE., M. SI
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Strategi Bersaing
Di era global ini, semua perusahaan tidak luput pula dengan lembaga keuangan berlomba-lomba bersaing untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan maju. Begitupun dengan lembaga keuangan syariah yang semakin waktu semakin berkembang dan mulai membuat banyak masyarakat semakin berminat. Hal ini pula yang terjadi di lembaga keuangan bank syariah di Kabupaten Sampang salah satunya adalah bank syariah mandiri. Alasan peneliti meneliti kualitas pelayanan dalam strategi bersaing untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan dana pensiun karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran produk baru di Bank Syariah Mandiri, di Sampang banyak lembaga keuangan lainnya yang mengharuskan Bank Syariah Mandiri bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi BSM sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing serta mutu pelayanan yang di berikan harus optimal.
Dari konteks di atas, maka yang menjadi fokus penelitian yang akan dikaji adalah sebagai berikut, yang pertama, bagaimana penerapan kualitas pelayanan dalam strategi bersaing di Bank Syariah mandiri Sampang? Kedua, bagaimana strategi bersaing digunakan di Bank Syariah Mandiri Sampang untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan dana pensiun?. Metodelogi yang digunanakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dengan sumber data dari wawancara, dimana yang menjadi informannya adalah karyawan dari Bank Syariah Mandiri Sampang dan nasabah dari bank tersebut. Pengecakan keabsahan data dengan cara melakukan ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bank Syariah Mandiri Sampang telah menerapkan kualitas pelayanan yang baik dan sesuai prinsip konsep pelayanan diantaranya adalah tangible (berwujud), jaminan kepastian, responsiveness (ketanggapan), reability (kehandalan). Strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri yaitu dengan melakukan promosi, melakukan door to door ke rumah nasabah dan harga yang lebih kompetitif dan nisbah bagi hasil yang sesuai. Dampak dari konsep pelayanan yang baik ini, berpengaruh pada kepuasan dan kenyamanan nasabah. Dampak rasa puas inilah yang pada akhirnya mampu meningkatkan rasa loyalitas para nasabah yang ada di Bank Syariah Mandiri dan secara otomatis juga meningkatkan jumlah nasabah.
Tidak tersedia versi lain