Text
Pengaruh Preferensi Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
ABSTRAK
Umar Faruq 2017, Pengaruh Preferensi Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil
Kata Kunci : Preferensi Merek, Kualitas Layanan dan Loyalitas Nasabah
Bank Pembiayaan Bhakti Sumekar melakukan inovasi dalam membangun pelayanan kepada masyarakat, setelah sukses membuka kantor kas di kecamatan-kecamatan yang ada di Pamekasan. Bank BPRS Bhakti Sumekar di masa yang akan datang berencana mengembangkan jaringan tidak hanya fokus di beberapa Kabupaten tetapi akan berencana memperluas dengan membuka kantor cabang dan kantor kas di beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Sampang dan Bangkalan. Berdasarkan hal tersebut untuk mengwujudkan rencana tersebut, pihak perusahaan perlu bersaing dengan perusahaan keuangan yang lain. Para bankir menyatakan bahwa kunci sukses untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuannya memberikan total customer value yang dapat memuaskan nasabah melalui produk dan layanan berkualitas dengan harga pesaing. Berdasarkan uraian tersebut pengaruh preferensi merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah merupakan aspek penting untuk mencapai tujuan perusahaan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui preferensi merek mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan?. 2) Untuk mengetahui kualitas layanan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan? 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh preferensi merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, populasi dan sampel dalam penelitian yaitu nasabah yang menabung di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan sebanyak 71 responden, pengambilan sampling dengan cara tehnik sampling asidental. Penelitian ini menggunakan statisti-statistik atau angka-angka. Jenis penelitian ini korelasi yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain melalui menyebarkan angket kepada nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan preferensi merek, kualitas layanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai Fhitung (40,475) ≥ Ftabel (3,12) dengan signifikan 0,000. Variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan yaitu kualitas layanan (X2) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0.198%, apabila dibandingkan dengan variabel preferensi merek (X1).
Tidak tersedia versi lain