Text
PENGARUH REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRIWATI DI PONPES ANNUR TOKET PROPPO PAMEKASAN
ABSTRAK
Asadullohilghalib, 2015: Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata Kunci: Reward, Prestasi Belajar
Di dalam dunia pendidikan reward (ganjaran) yaitu segala yang diberikan guru berupa penghargaan yang menyenangkan perasaan yang diberikan kepada siswa atas dasar hasil baik yang telah dicapai dalam proses pendidikan dengan tujuan memberikan motivasi kepada siswa,Maka dengan adanya suatu pemberian ganjaran dalam pendidikan dapat memberikan pengaruh besar terthadap prestasi dan penyemangat belajar santriwati sehingga santriwatitermotivasi dan terdorong dalam proses belajar.Berdasarkan hal tersebut, Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini diantaranya yaitu: Pertama,tentang ada tidaknya pengaruh rewardterhadap prestasi belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh rewardterhadap prestasi belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik. Populasi penelitian adalah semua santriwati pondok pesantren an-nur sebanyak 58 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka peneliti mengambil semua yakni menjadi 58 santriwati. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket sebagai instrumen dan dokumentasi dalam mengumpulkan data responden. Sedangkan, intrview, dan observasi sebagai pelengkap dalam penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rewardberpengaruh terhadap prestasi belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil analsis statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja (0,637) dikonsultasikan dengan nilai kritik product moment pada N=58 dengan nilai kontrol taraf signifikansi 95% (0,266) dan taraf signifikansi 99% (0,345) ternyata “r” kerja (0,637) lebih besar dari harga kritik product momentnya. Dengan demikian dapat dikatakan ada korelasi positif antara kedua variabel penelitian tersebut. Dengan kata lain, hipotesis nihil menyatakan “tidak ada pengaruh reward terhadap prestasi belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan” ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif yang menyatakan “ada pengaruh reward terhadap prestasi belajar Santriwati Di Pondok Pesantren An-Nur Desa Toket Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan” diterima.
Untuk mengetahui besar kecilnya hubungan antara kedua variabel tersebut, maka “r” kerja dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi product moment, dimana “r” kerja berada pada rentangan nilai antara 0,600 sampai dengan 0,800 yang berarti korelasi kedua variabel berada pada taraf signifikansi cukup.
Demi peningkatan mutu pendidikan, pemberian reward terhadap prestasi belajar peserta didik, maka dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memberikan motivasi baru bagi santriwan /santriwati di pondok pesantren An- Nur.
Tidak tersedia versi lain