Text
Pendidikan Anak Usia Dini Sebagai Wadah Pengembangan Kecerdasan Spiritual ( Spiritual Quotient ) Di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Zainal Abidin, 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Sebagai Wadah Pengembangan Kecerdasan Spiritual ( Spiritual Quotient ) Di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, Ms.I
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Kecerdasan Spiritual ( Spiritual Quotient )
Ada (2) dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana peran guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Kedua, Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. (2) Bagaimana Strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, orang tua murid, dan anak paud. Data primer adalah orang tua siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) Bagaimana peran guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan ialah dengan menggunakan peran sebagai pengajar yang memberikan pengetahuan kepada anak-anak, menjadi pembimbing yang selalu memberikan kasih sayang kepada anak-anak, dan sebagai tauladan yang selalu memberikan contoh baik bagi anak-anak. (2) Strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan Spiritual Quotient anak, di PAUD Bina Rahima Desa Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Ialah mulai dari pembuatan RKH sebagai panduan dalam mengajar para guru. Menggunakan metode agar mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran. Dan pemakaian media agar pembelajaran menjadi lebih efesien. Adapun metode yang digunakan diantaranya, metode cerita, metode karya wisata dengan melihat keindahan alam ciptaan Tuhan, dan metode bernyanyi. Sedangkan media yang digunakan berupa sound system, CD, papan, spidol, dan kertas. Dan secara keseluruhan anak didik diajarkan untuk mengucapkan salam, membaca ayat Al-Qur’an, sifat-sifat wajib bagi Allah, Asmaul Husna, dan memaca do’a-do’a harian.
Tidak tersedia versi lain