Text
Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Karakter Siswa Paud Al-Barokah desa Kramat Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Budi Utomo, 2014, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Karakter Siswa Paud Al-Barokah desa Kramat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Pemebelajaran PAI, Karakter siswa PAUD
PAUD merupakan pendidikan anak usia dini dan pendidikan mempunyai tanggung jawab atas tujuan pendidikan dengan mengoptimalkan sumber daya manusia baik dari kalangan pendidik maupun pengelola dan hal ini juga ada kaitannya dengan manajemen pembelajaran yang mana guru mengarahkan maupun membimbing peserta didik supaya mempunyai karakter yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana guru merencanakan pembelajaran PAI pada pembentukan karakter siswa paud Al-Barokah Desa Kramat Tlanakan Pamekasan; kedua, bagaimana guru melaksanakan pembelajaran PAI pada pembentukan karakter siswa paud Al-Barokah desa Kramat Tlanakan Pamekasan; ketiga, bagaimana guru mengevaluasi pembelajaran PAI pada pembentukan karakter siswa paud Al-Barokah desa Kramat Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan dengan jenis penelitian lapangan. Sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah jajaran pendidik, guru dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sebagai data penunjang pengumpulan data berlangsung selama 36 hari, mulai tanggal 17 April 2014 sampai 19 Mei 2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, guru telah merencanakan pembelajaran PAI dengan merencanakan segala hal seperti: RPP, mempersiapkan materi pelajaran, media pembelajaran atau alat peraga, menentukan metode dan meyiapkan buku paket. Kedua, guru dalam melaksanakan pembelajaran PAI sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan dari sebelumnya seperti: melaksanakan penggunaan metode, media pembelajaran alat peraga dan sebagainya. Ketiga, guru dalam mengevaluasi pembelajaran PAI dengan cara penilaian tanya jawab dan praktek.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Karakter Siswa Paud Al-Barokah desa Kramat Tlanakan Pamekasan perlu dikembangkan atau ditingkatkan agar keberhasilan proses belajar mengajar semakin meningkat dan lebih berprestasi.
Tidak tersedia versi lain