Text
KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA SERTIFIKASI DI SMP NEGERI 1 PADEMAWU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014
ABSTRAK
Sulistiani, 2014, Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi Di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Siswanto M.Pd.I
kata kunci: kompetensi guru,sertifikasi
Setelah Program sertifikasi guru telah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini. namun pada intinya program tersebut untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalitas seorang guru yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan secara umum.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, persepsi guru pendidikan agama islam pasca sertifikasi di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan. Kedua, kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan. Ketiga, kendala. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif seperti ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Untuk jenis penelitiannya adalah deskriptif, dan prosedur pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah transkrip wawancara. Adapun pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi guru PAI pasca sertifikasi dapat mendorong untuk meningkatkan kualitas guru terutama dalam kinerjanya ketika mendidik sehingga keprofesionalan guru dapat terlihat yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan. 2) peningkatan kompetensi guru PAI pasca program sertifikasi jauh lebih meningkat, hal ini dapat dilihat dari keaktifan guru agama mengikuti kegiatan-kegiatan di dalam ataupun di luar sekolah serta dapat dilihat dari kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. 3) kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam pasca sertifikasi adalah guru kurang memanfaatkan hasil tunjangan untuk keperluan proses pembelajaran, guru kurang memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, guru kurang kreatif dalam menggunakan waktu proses pembelajaran dan guru tidak mau repot dengan penggunaan media.
Berdasarkan hasil penelitian di atas perlu adanya evaluasi dan pembenahan terhadap kendala-kendala yang dihadapi sehingga proses pembelajaraan dapat terlaksana dengan baik dan tujuan pendidikan dapat tercapai dengan sempurna.
Tidak tersedia versi lain