Text
Strategi Penegakan Disiplin Pada Pendidikan Karakter di MTsN Sumber Bungur Pakong Pamekasan
ABSTRAK
Sutrisno, 2014, Strategi Penegakan Disiplin Pada Pendidikan Karakter di MTsN Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dra. Hj.Waqiatul Masrurah, M. Si
Kata Kunci: Strategi Penegakan Disiplin, Pendidikan Karakter
MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan telah menerapkan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter anak didik. Oleh karena itu, MTs Negeri tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian karena merupakan salah satu sekolah favorit yang letaknya terpencil sehingga menarik untuk diteliti mengingat lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter yang diterapkan di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan; kedua, Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui: perpanjangan kehadiran, observasi yang diperdalam, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter siswa di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan dilaksanakan secara teoritis dan praktis dengan cara mengembangkan nilai-nilai akhlak islami dalam kehidupan sehari-hari serta memasukkan karakter tertentu pada silabus dan RPP. Adapun strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter di sekolah/madrasah adalah menerapkan strategi budaya sekolah (school culture), dalam artian membiasakan siswa pada hal-hal yang mengandung pendidikan karakter; Kedua, Faktor-faktor pendukung strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter di MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan adalah adanya psikology yang kuat pada siswa serta intelegensi yang tinggi, kesiapan madrasah dalam mengembangkan pendidikan karakter pada strategi penegakan disiplin, inovasi pembelajaran, dan media pembelajaran. Kemudian orang tua yang berpartisipasi aktif dalam mendukung strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter. Adapun faktor-faktor yang menghambat adalah: adanya sebagian siswa yang lemah dari sisi psikologis dan intelegensi, adanya sebagian guru yang belum siap menerapkam strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter dan orang tua yang tidak kooperatif dalam mendidik karakter anaknya di lingkungan rumahnya.
Agar penerapan strategi penegakan disiplin pada pendidikan karakter dapat berjalan secara optimal, maka diperlukan kesungguhan dari kepala sekolah untuk mengadakan hubungan yang sinergis dan berkesinambungan dengan semua pihak, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya.
Tidak tersedia versi lain