Text
Kepemimpinan Transformasional Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan
ABSTRAK
Nor Hidayatullah, 2014, Kepemimpinan Transformasional Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim. M Ag.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Transformasional
Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan merupakan salah satu lembaga pendidikan dengan indikasi bahwa kepala madrasah mampu menerapkan kepemimpinan transformasional. Hal ini terlihat dari kemajuan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah adanya semangat kerja dari para pendidik maupun tenaga kependidikan untuk bersama-sama memajukan lembaga. Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan dari sejak berdiri mengalami kemajuan yang sangat signifikan, ini terlihat dari semakin bertambahnya jumlah siswa dan penambahan sarana belajar baik gedung sekolah atau infrastruktur, maupun media pembelajaran, dan selalu meraih penghargaan atau trofi dalam setiap event, serta berjalannya manajemen sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya
Dari konteks di atas, masalah-masalah yang akan dikaji difokuskan sebagai berikut; pertama bagaimana penerapan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan? Kedua apa saja hambatan-hambatan yang di hadapi dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Dengan demikian, signifikansi penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang di hadapi dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Sedangkan jenis penelitian ini adalah fenomenologis, yaitu peneliti mencoba memaparkan tentang kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, yang mencakup penerapan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsnanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, dan hambatan-hambatan penerapan kepemimpinan transformasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Karena data yang didapat berupa data “kualitatif” maka analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah yaitu menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, foto, dan sebagainya, mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan membuat abstraksi, melakukan penyusunan dalam satuan-satuan, melakukan kategorisasi sambil membuat koding, mengadakan pemeriksaan keabsahan data, selanjutnya mengadakan panafsiran data dengan mengolah hasil sementara menjadi teori substantive dengan menggunakan metode tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa hal sebagai berikut; pertama, bahwa kepala MTs Negeri Pamekasan 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan ternyata menerapkan kepemimpinan tranformasional di madrasah tersebut, hal ini terlihat dengan melibatkannya semua pihak dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga dapat memberikan gagasan atau ide, dan dari hasil penetapan tersebut semua pihak memiliki rasa tanggung jawab untuk dapat merealisasikannya sesuai dengan kemampuan dan ruang lingkup kerjanya. Kedua, hambatan-hambatan yang dihadapi kepala MTs Negeri Pamekasan 3 dalam penerapan kepemimpinan transformasional bisa dikatakan hampir tidak ada. Kendatipun ada itu bersifat teknis saja, dimana ada beberapa guru yang terlambat datang ke madrasah dikarenakan tempat tinggal mereka yang agak jauh. Akan tetapi hal tersebut sudah mendapat perhatian khusus dari kepala MTs Negeri Pamekasan 3, dengan melakukan pembinaan secara internal dan memberikan motivasi pada guru yang bersangkutan.
Tidak tersedia versi lain