Text
Pengelolaan Pembelajaran Program Akselerasi Baca Kitab Kuning Bagi Pemula Dan Usia Dini Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Lantakan Kokop Bangkalan
ABSTRAK
Supriyadi, 2014. Pengelolaan Pembelajaran Program Akselerasi Baca Kitab Kuning Bagi Pemula Dan Usia Dini Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Lantakan Kokop Bangkalan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah. Prodi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan. Pembimbing; H. Muhammad Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Program Akselerasi, Kitab Kuning
Pembelajaran kitab kuning hampir di seluruh pondok pesantren masih bersifat klasikal massal dan berorientasi pada kuantitas santri. Akibatnya potensi peserta didik tidak dapat berkembang secara maksimal. Pada dasarnya setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, akan tetapi jika diberi kesempatan dan pelayanan yang sama atau paling tidak diberi pelayanan sesuai dengan potensi masing-masing, maka hasilnya tidak akan jauh berbeda. Pemerataan kesempatan inilah yang menjadi salah satu prinsip pembelajaran akselerasi yaitu pendidikan yang diberikan kepada peserta didik sehingga dapat mempercepat waktu belajar tanpa mengurangi materi pelajaran. Proses pembelajaran akselerasi pada kitab kuning ini yang akan menjadi pembeda dengan pembelajaran tradisional yang bersifat klasikal. Tidak ada metode dan strategi khusus dalam program akselerasi, namun prinsip utama adalah bagaimana mengelola pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran yang menyenangkan dimana siswa tidak merasa jenuh atau tertekan dengan keadaan. Untuk itu, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang Pengelolaan Pembelajaran Program Akselerasi Baca Kitab Kuning Bagi Pemula Dan Usia Dini Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Lantakan Kokop Bangkalan.
Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah (1). Bagaimana proses pembelajaran akselerasi baca kitab kuning bagi pemula dan usia dini. (2). Bagaimana metode pembelajaran akselerasi baca kitab kuning bagi pemula dan usia dini. Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Lantakan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Metode observasi; (2) Metode interview; (3) Metode dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam mengecek keabsahan data adalah teknik triangulasi yaitu teknik pengecekan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Proses pembelajaran akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren miftahul huda lantakan cukup efektif. (2). Tahapan pembelajaran akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren miftahul huda lantakan ada lima dengan durasi waktu yang berbeda-beda, kelima tahapan tersebut harus dilakukan secara berurutan. (3). Tidak ada metode khusus yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada program akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren miftahul huda lantakan, metode yang dipakai harus disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik.
Jadi, dalam upaya mencapai tujuan akselerasi dalam pembelajaran, guru harus mampu mengelola pembelajaran yang efektif dengan kemampuannya menciptakan suasana yang menyenangkan dengan metode yang tidak menoton.
Tidak tersedia versi lain