Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KADUR 2 KADUR PAMEKASAN
ABSTRAK
Afifah 2014, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kadur 2 Kadur Pamekasan. Skripsi, Program Studi , Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Bapak Dr. H. M. Muchlis Solichin, M, Ag
Kata kunci : pelaksanaan, Pembelajaran PAI.
Ada dua hal yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini Pertama, Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SDN Kadur 2 Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor pendukung Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SDN Kadur 2 Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SDN Kadur 2 Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.Apa saja faktor pendukung Pelaksanaan Pembelajaran PAI di SDN Kadur 2 Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran PAI yang dapat peneliti peroleh dilapangan adalah berkaitan dengan antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PAI di SDN Kadur 2 Kadur Pamekasan, semua peserta didik harus mengikuti pembelajaran. PemBelajaran bukan hanya berpusat pada guru namun siswa/siswi juga harus aktif dalam proses pembelajaran baik dalam kegiatan belajar secara individual maupun berkelompok ataupun mengikuti pembelajaran yang bervariasi
Faktor pendukung pada pelaksanaan pembelajaran PAI tersedinya guru yang profesional dan mampu memancing semangat belajar dari masing-masing siswa yang selalu mengarahkan siswa dan mengerti tentang keinginan belajar siswa karena pembelajaran tergantung kreatifitas dari pendidik itu sendiri ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekternal, yang mana keduanya sangat mempengaruhi terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI apabila keadaan atau rohani siswa sehat atau lagi mempunyai semangat untuk belajar. Bagitu pun dengan kondisi lingkungan disekitar siswa/siswi misalnya sarana di sekolah sudah memadai, hal ini juga yang mendukung terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI.
Tidak tersedia versi lain