Text
Upaya Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Horifah Edian Ningsih: 2014, Upaya Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dra. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun AR, M.Ag.
Kata Kunci : Kedisiplinan belajar
Disiplin merupakan upaya untuk membuat orang berada pada jalur sikap dan perilaku yang sudah ditetapkan pada individu oleh orang tua. Kedisiplinan ini diajarkan oleh orang tua sejak dini, hal ini dimaksudkan agar anak terbiasa dengan hidup teratur karena hal ini juga akan berdampak positif bagi kehidupan dimasa yang akan datang. Pendidikan disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Ditegaskan kembali bahwa disiplin merupakan bagian dari proses berkelanjutan pengajaran dan pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa masalah yang menjadi kajian utama, antara lain yang pertama, bagaimana penerapan kedisiplinan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan?, kedua, bagaimana tantangan guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan?,ketiga, Bagaimana upaya guru mengatasi tantangan dalam menanamkan kedisiplinan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data utama adalah guru, dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan ketekunan keikutsertaan, triangulasi.
Dalam penelitian ini, melalui wawancara langsung dan pengamatan partisipan di lapangan, terdapat temuan penelitian , pertama, Upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan dengan melalui pembentukan peraturan-peraturan dimana peraturan ini sangatlah penting, yang bertujuan untuk mengajar anak bagaimana berprilaku dengan cara yang sesuai dengan standar kelompok sosial. Karena dengan disiplin memberikan anak pada rasa yang aman, dengan memberitahukan apa yanng boleh dan apa yang tidak boleh. Kedua, Tantangan guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar di Madrasah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan terletak pada kemampuan guru dalam bagaimana cara menstrategikan kedisiplinan belajar dan pengaruh lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi tantangan dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan yaitu dengan kemauan yang kuat pada guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan karena dengan mengajarkan perilaku dikelas secara langsung dapat menjadi pelajaran yang berkesinambungan bagi siswa.
Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa hendaklah semua aktivitas sekolah atau khususnya guru ikut merancang program kegiatan dan strategi yang bisa efektif untuk menanamkan kedisiplinan belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain