Text
Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Tufatut Thullab Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
AKH. MAKHFUD JUNAIDI FZ, 2014, Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Tufatut Thullab Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan,
Pembimbing : DR. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag..
Kata Kunci: Manajemen Sekolah dan Kinerja Guru
Ada dua permasalahan sebagai kajian pokok pada penelitian ini, Pertama, bagaimana manajemen sekolah di MI Tuhfatut Thullab Bicorong Pakong Pamekasan. Kedua, bagaimana kendala peningkatan kinerja guru di MI Tuhfatut Thullab Bicorong Pakong Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pendekatan penelitian ini cenderung berdasarkan diri usaha mengungkapkan dan memformalisasikan data lapangan dalam bentuk negatif verbal (kata-kata) semaksimal mungkin untuk turut serta menggambarkan realitas aslinya. Sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu kegiatan penelitian yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian.
Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru. teknik pengumpualan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis dengan langkah-langkah pengecekan, pengelompokan, teknik pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang mendalam, triangulasi dan analisis kasus negatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 Mei 2014 sampai 15 April 2014
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Tufatut Thullab cukup baik. Dari sisi perencanaan, pelaksanaan, penggerakan, pengawasan dan motivasi dari kepala sekolah cukup mampu meningkatkan kepuasan kinerja guru, disebabkan karena pembinaan dan pengawasan kepala sekolah terhadap guru dapat memperbaiki kekurangan-kekurang yang ada pada diri guru sendiri.. Rencana yang telah disusun berjalan cukup efektif. Pembinaan kurikulum yang dilakukan kepala sekolah cukup berjalan sesuai rencana yang dimulai dari penguasaan metode pembelajaran.
Kinerja guru dalam penyusunan program pembelajaran, kemampuan guru dalam menyajikan materi pelajaran, kemampuan guru mengevaluasi hasil belajar siswa dan menindak lanjuti hasil evaluasi belajar siswa. Tetapi kendala yang dialami guru di MI Tuhfatut Thullab yaitu kurang memiliki kemampuan dalam penyusunan program pembelajaran yang terdiri dari program harian (RPP), bulanan (Promes) dan tahunan (prota). kemampuan guru hanya diperoleh dibangku kuliah tanpa adanya realisasi diri dengan sungguh-sungguh.dan kurang adanya kedisiplinan waktu, kurang penguasaan metode mengajar, kurang memahami tujuan program kerja sekolah, kurang mentaati peraturan ketertiban
Tidak tersedia versi lain