Text
PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI JALMAK I PAMEKASAN
ABSTRAK
Hamimah, 2014. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jalmak I Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. H. M. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Penggunaan Media, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Sekolah Dasar Negeri Jalmak I merupakan salah satu lembaga tingkat dasar Negeri yang ada di Kabupaten Pamekasan dimana tingkat pemahaman siswa dan motivasi belajar siswa terhadap bahan ajar semakin meningkat sehingga apa yang menjadi tujuan dari proses belajar mengajar tersebut dapat terpenuhi hal tersebut terbukti aktifnya siswa dalam suasana belajar ketika guru agama lebih sering menggunakan media pembelajaran yang variatif. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul: “Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jalmak I Pamekasan”.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Kriteria media pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jalmak I Pamekasan (2) Penggunana media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jalmak I Pamekasan , dan (3) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan dalam menggunakan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Jalmak I Pamekasan.
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer adalah guru Pendidikan Agama Islam dan data sekunder adalah Observasi dan dokumentasi. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Kriteria guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di SDN Jalmak I Pamekasan. (1) penggunaan media sesuai dengan tujuan pembelajaran. (2) penggunaan media bersifat tepat untuk mendukung isi pelajaran. (3) media yang digunakan bersifat praktis, luwes, dan bertahan. Kedua, Penggunana media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (1) Guru PAI menggunakan media pembelajaran berdasarkan hasil karya sendiri seperti kartu, bagan, gambar dan peta konsep, maupun media laptop/komputer. (2) Guru PAI menggunakan media pembelajaran yang variatif sesuai dengan materi. (3) Guru PAI menggunakan media dengan memperhatikan hal-hal yang dapat mendukung media yang akan digunakan, seperti nilai manfaat, karakteristik siswa, dan aktif tidaknya kegiatan pembelajaran. Ketiga, Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan dalam menggunakan media pembelajaran. (1) Hambatan yang berhubungan dengan biaya, cara mengatasinya guru PAI membuat media yang sederhana seperti media gambar, kartu, bagan, dan peta konsep. (2) Hambatan yang berhubungan dengan listrik, cara mengatasinya guru PAI berusaha mengisi penuh batrai laptop baik laptop milik pribadi maupun milik sekolah. (3) Hambatan yang berhubungan dengan waktu, cara mengatasinya guru PAI melakukan evaluasi 10 menit sebelum jam pelajaran berakhir baik tertulis maupun lisan.
Tidak tersedia versi lain