Text
Problematika Pembelajaran di SDN Duko Timur 01 Desa Taraban Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Muslimah 2014, Problematika Pembelajaran di SDN Duko Timur 01, Desa Taraban, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing
Kata kunci: Problematika Pembelajaran PAI
Dalam konteks penelitian ini ialah problematika yang dihadapi anak didik maupun guru PAI dalam menjalankan proses belajar mengajar, bagaimana diharapkan pelajaran agama dapat diterima dan di pahami sangat penting oleh peserta didik, tapi pada kenyataannya anak didik mapun tidak antusias dalam mengikuti pelajaran bahkan mereka cenderung menganggap pelajaran agama itu membosankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana problematika pembelajaran PAI di SDN Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. 2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran PAI di SDN Duko Timur Kecamatan Larangan Kbaupaten Pamekasan.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengidentifikasi bagaimana problematika pembelajaran PAI di SDN Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. (2) untuk mengidentifikasi apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi problematika pembelajaran PAI di SDN Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisakasusnegatifdan uraian rinci.
Setelahpeneliti melakukan penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, terkait masalah motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, semangat dalam mengikuti pembelajaran PAI kurang begitu antusias, hkurangnya media pembelajaran sehingga tidak dapat menarik minat siswa untuk antusias dalam mengikutinya. Selain itu anak-anak jaman sekarang sepertinya lebih suka dengan pelajaran yang bersifat praktek langsung kelapangan. Kedua, faktor yang mempengaruhi poblematika pembelajaran di SDN ini diataranya masalah keluarga dari masing-masing anak didik yang samasekali tidak memperhatikan pendidikan anak-anaknya dengan baik, mereka kurang mengawasi dengan perkembangan anaknya, disamping itu juga faktor pergaulan, dengan siapa anak bergaul di lingkungannya sehari-hari juga mempengaruhi pola pikir mereka. Faktor lain juga yang tidak kalah besarnya dalam meempengaruhi problematika pembelajaran PAI di SDN ini ialah masalah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Anak-anak lebih tertarik dengan pelajaran komputer daripada pelajaran agama, karena dirumah mereka sehari-hari mereka lebih banyak menghabiskan waktunya dengan nonton TV atau bermain PS, hal itu jelas berpengaruh bagi perkembangan anak-anak dalam pendidikan.
Tidak tersedia versi lain