Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) AL MUJTAMA' DESA PLAKPAK KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Suadah, 2014. Judul: “Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) Pada Pelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan. Pembimbing: Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci: Guru dan Strategi Pembelajaran PBM
Salah satu Strategi Pembelajaran pembelajaran yang di gunakan para guru di SDI Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, yaitu Strategi Pembelajaran Bebasis Masalah. Strategi Pembelajaran ini, merupakan pembelajaran Aktif, yang di dalamnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dengan memecahkan masalah dalam pembelajaran..
Sesuai dengan konteks penelitian diatas, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana latar belakang pemilihan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) Pada Pelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan? (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) Pada Pelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) Pada Pelajaran Fiqih Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskan berbagai permasalahan yang diangkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan berbagai teknik dalam penelitian kualitatif yaitu diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka Menerapkan Strategi pembelajaran di SDI Al Mujtama' Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, memiliki strategi yang tepat dalam menerapkan Strategi Pembelajaran SPBM, diantaranya dengan merencanakan proses pembelajara, melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan skenario Strategi Pembelajaran SPBM, dan merumuskan tujuan pembelajaran.
Dari hasil penelitian tersebut diharapkan peneliti dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: (1) Dapat membantu memberikan pemikiran kepada lembaga-lembaga sekolah untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam menerapkan Strategi Pembelajaran (2) Bagi guru agar lebih kreatif dalam menerapkan Strategi Pembelajaran SPBM. (2) Bagi peserta didik agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain