Text
Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dini (R.A) di Madrasah Raudlatul Ulum Kapedi, kecamatan Bluto
ABSTRAK
Moh. Irfandi, 2014, Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia Dini (R.A) di Madrasah Raudlatul Ulum Kapedi, kecamatan Bluto, Skripsi, Fakultas Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M. pd
Kata kunci: Kecerdasan, Kecerdasan Interpersonal, Anak usia dini
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini pertama, Bagaiman gambaran perkembangan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini di RA Raudlatul Ulum Kapedi. Kedua, Apa saja upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini di RA Raudlatul Ulum Kapedi. Ketiga, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini di RA Raudlatul Ulum Kapedi.
Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul berbentuk transkrip wawancara, yang didukung oleh data observasi dan dokumentasi.
Hasil temuan penelitian tentang upaya menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini di RA Raudlatul Ulum Kapedi menunjukkan bahwa:
Perkembangan kecerdasan interpersonal anak dapat diukur atau dilihat dari beberapa hal antara lain seperti komunikasi antar teman atau keakraban antara teman sekelas, komunikasi anak dengan orang tua atau keakraban dengan orang tua, tenggangrasa antara sesama teman
Upaya dan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan proses belajar mengajar upaya menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal anak di RA Raudlatul Ulum adalah memberikan instruksi kepada para guru pada setiap permulaan tahun pelajaran terutama pada waktu liburan sekolah. para guru mempersiapkan perangkat pembelajaran, baik berupa media, alat peraga, yang mana pada waktu masuk sekolah perangkat pembelajaran tersebut sudah benar-benar siap dan dapat dipakai dengan baik, sehingga dalam proses belajar mengajar anak bisa mencerna maksud dan tujuan materi yang ingin disampaikan, serta dalam metode mengajar harus lebih kreatif, guna untuk mengimplementasikan dan meningkatkan kecerdasan, dan penanaman menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal pada anak, yaitu diberi latihan, tugas kelompok, dan diberi penguatan
Faktor yang mendukung dan menghambat untuk menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal anak, diantaranya sumberdaya manusia baik meliputi guru, murid, sarana dan prasarana. Karena meskipun sarana dan prasarana di sekolah lengkap, kadang yang menjadi kendala pada anak itu sendiri, anak belum bisa memegang pensil dengan benar, masih kurang mandiri. Sehingga ini bisa menghambat pada anak yang lainnya serta kurikulum yang dipakai.
Tidak tersedia versi lain