Text
Pengembangan Intelegensi Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan
ABSTRAK
Aisyah Ghazi. 2014, Pengembangan Intelegensi Anak Usia Dini Melalui Metode Permainan Edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Siswanto, M.PdI.
Kata kunci : Intelegensi, Anak Usia Dini dan Metode Permainan Edukatif
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan? (2) Bagaimana bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan? (3) Faktor apa saja yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan (3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala dan guru TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan tidak hanya hanya terfokus pada metode permainan edukatif, akan tetapi diimbangi dengan bimbingan dan arahan guru, sehingga dapat memberikan perkembangan pada peserta didik yakni berkembangnya kecerdasan intelektual (pengetahuannya didapat), kecerdasan emosionalnya (terjalinnya kerjasama sama diantara sesama murid) dan kecerdasan spritualnya (tata cata pendekatan diri kepada yang maha kuasa juga diterapkan) (2) bentuk-bentuk pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah dilakukan dengan cara pengembangan pembelajaran melalui permainan edukatif yang didasarkan pada standar pengembangan pembelajaran TK, seperti pada kecerdasan intelektual kegiatan pembelajaran, yang didasarkan pada komponen-kompenen yang telah ditentukan yakni akhlak, ilmu pengetahuan, kerajinan tangan, lingkungan, olah raga, kebudayaan dan hubungan masyarakat, kegiatan tersebut berkaitan dengan, kecerdasan intelektual, ayo belajar bersama, kecerdasan emosional (berlatih sabar dan antri, melatih kerja sama), sedangkan kecerdasan spiritual seperti berwudhu’ shalat berjama’ah, dan juga berbaris dan berdo’a (3) Faktor yang menghambat pengembangan intelegensi anak usia dini melalui metode permainan edukatif di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan adalah sulitnya peserta didik untuk langsung mengerti, kemandirian belajar kurang, wali murid kurang memberi motivasi kemandirian belajar.
Tidak tersedia versi lain