Text
Implementasi Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Ibadah Siswa di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan
ABSTRAK
An’Amta, Implementasi Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Ibadah Siswa di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing; Dr. Siswanto, S.Ag. M.Pd.I
Kata kunci: pembelajaran sentra, ibadah siswa.
Betapa pentingnya peranan TK dalam mencetak generasi unggul lebih-lebih generasi Islam yang tangguh, agar menjadi manusia yang bahagia di dunia dan akhirat, di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan, tersebut menggunakan sistem sentra jadi anak didiknya memang di didik secara khusus dan mendalam seperti masalah keagamaan mereka ditempatkan secara khusus dan waktu tertentu jadi diprogramkan secara jelas dan menarik. Masalah keagamaan yang dipelajari seperti praktek sholat, baca do’a sehari-hari, hadist-hadist pendek, menghafal surat-surat pendek dan sebagainya.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana Implementasi Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Ibadah Siswa di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan?. Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Sentra dalam Pengembangan Ibadah Siswa di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan?. Ketiga, bagaimana upaya guru dalam Pengembangan Ibadah Siswa melalui pembelajaran sentra di TK Al-Uswah Lawangan Daya Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, Pembelajaran sentra ini lebih memfokuskan pada kemandirian anak dan pembelajaran yang fokus seperti ngaji sudah ada yang memandu dan seterusnya sesuai dengan tanggung jawabnya, seperti kegiatan pagi yang isinya ada Jurnal (siswa disuruh menggambar sesuai dengan keinginannya sendiri), Fonik (ada fonik baca latin dan ada fonikbaghdadiyah untuk mengaji), Mengaji (menggunakan Tilawah atau Iqro’), Berwudu’ (dibimbing oleh Raodah dan Ibu Novi) dan Sholat Dhuha (dibimbing oleh Ibu Suryati dan Ibu Mus). Kedua, faktor yang mempengaruhi pembelajaran sentra dalam pengembangan ibadah siswa di lembaga ini diantaranya; tersedianya fasilitas kesiapan guru, diri siswa dan partisipasi orang tua atau keluarga di rumah. Ketiga, upaya guru dalam pengembangan ibadah siswa melalui pembelajaran sentra di lembaga ini, diantaranya; guru dianjurkan ikut pelatihan fonik, diwajibkan ikut SGA (Sekolah Guru Ahli), perbaikan program dan kurikulum. Disamping itu juga, guru Al-Uswah harus ikut pengajian rutin setiap minggu. Dan semua guru wajib hadir di sekolah jam 06.45 menit dan pulang jan 11.15 menit.
Tidak tersedia versi lain