Text
Minat Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Islam di SMA AL-Falah Sumber Gayam Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Zayniyah,2014, Minat Belajar SiswaPada Pendidikan Agama Islam di SMA AL-Falah Sumber Gayam Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, Skripsi,Program Studi PAI, PembimbingFatholHaliq, M.S.i.
Kata Kunci :Minat Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, Pertama,BagaimanaMinat Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-falah Sumber Gayam Desa Kadur kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?Kedua,BagaimanaUpaya Guru untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-falah Sumber Gayam Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan?
Penelitianinimenggunakan jeniskualitatif deskriptifdengan pendekatan Studi Kasus. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas Xa, XbSMA Al-falah Sumber Gayam Desa Kadur kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, aktifitas, peristiwa, dan data-data dokumentasi. Teknikpengumpulan data padapenelitianinimelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitianinimenunjukkanbahwa:Pertama, Minat belajar Siswa di SMA Al-Falah Sumber Gayam pada Pendidikn Agama Islam dianggap masih kurang, hal itu dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih rendah, karena kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam disaat proses belajar mengajar berlangsung, dan juga disebabkan kurangnya semangat atau keinginan siswa untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam dikarenakan sebagian siswa tidak suka terhadap mata pelajaran PendidikanAgamaIslam dan minat belajarnya lebih berorientasi pada mata pelajaran umum dikarenakan sebagian siswa merasa pelajaran tersebut tidak penting, alasan utamanya karena mata pelajaran PendidikanAgama Islam tidak diunaskan,dan mereka merasa bahwa materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bersifat menoton.Kedua,Upaya yang dilakukan guru PendidikanAgamaIslamDalam meningkatkan minat belajar siswa pada pendidikan agama islam diantaranya: menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran, tidak hanya menggunakan metode ceramah secara terus menerus, memberikan motivasi terhadap siswa akan pentingnya belajar Pendikan Agama Islam, dan memberikan semangat belajar, serta memberikan pujian bahkan hadiah pada siswa yangmendapatkan nilai bagus,serta mengadakan persaingan secara sehatantara siswa yang satu dengan yang lain.
Tidak tersedia versi lain