Text
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Intelegensi (Intelligence Quotient) Di SDN Kedungdung 3 Sampang
ABSTRAK
Siti Romlah, 2014, Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Intelegensi (Intelligence Quotient) Di SDN Kedungdung 3 Sampang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Achmad Muhlis, MA..
Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran PAI, dan Intelegensi
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Langkah apa saja dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan inetelegensi (Intelligence Quotient) di SDN Kedungdung 3 Sampang? (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan intelegensi di SDN Kedungdung 3 Sampang?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Langkah apa saja dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan intelegensi (Intelligence Quotient) di SDN Kedungdung 3 Sampang (2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan intelegensi di SDN Kedungdung 3 Sampang
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala, dan guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (pertama) Langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mewujudkan inetelegensi (Intelligence Quotient) di SDN Kedungdung 3 Sampang adalah 1) guru merencanakan dengan matang pembelajaran yang akan di gelar, 2) pembelajaran yang dilaksanakan harus sesuai dengan kondisi /suasana kejiwaan anak, 3) metode yang digunakan tidak menoton, dan 4) siswa diajak langsung menemukan permasalahan dalam materi pembelajaran. (kedua) Faktor pendukung dan kendala dalam mewujudkan intelegensi di SDN Kedungdung 3 Sampang faktor pendukungnya antara ketersediaan pendidikan yang lengkap, kemauan yang tinggi dari siswa, dukungan lembaga atas pelaksanaan pembelajaran yang bermutu, sedangkan faktor penghambatnya antara lain, 1) masalah waktu yang tersedia (ketersediaan waktu dengan luas materi tidak cukup) yang 2) berhubungan dengan masalah tingkat kecerdasan anak yang tidak merata (menyeimbangkan intelegensi yang tinggi dengan yang rendah) 3) kondisi psikologis siswa (untuk menyampaikan pesan, guru harus melihat kondisi siswa yang pas dan tepat)
Tidak tersedia versi lain