Text
Pola Pembentukan Kepribadian Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Agama Islam Di MA Al-Amin Bugih Pamekasan
ABSTRAK
Tola’ani, 2014, Pola Pembentukan Kepribadian Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Agama Islam Di MA Al-Amin Bugih Pamekasan, Skripsi, Jurusam Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbimg: Dr. Atiqullah, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Pembentukan kepribadian siswa.
Pada hakikatnya manusia adalah merupakan makhluk yang eksploratif dan potensial. Dikatakan sebagai makhluk yang eksploratif karena manusia mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri dalam setiap hal, baik fisik maupun psikis.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana pola pembentukan kepribadian siswa Di MA Al-Amin Bugih Pamekasan. kedua,Apa faktor- faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa di MA Al-Amin Bugih Pamekasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana pola pembentukan kepribadian siswa Di MA Al-Amin Bugih Pamekasan. (2) Untuk mendeskripsikan Apa faktor- faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa di MA Al-Amin Bugih Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan,uraian rinci dan metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola atau bentuk yang dilalui MA Al-Amin Bugih Pamekasan dalam pembentukan kepribadian siswa menggunakan program pembelajaran yang meliputi dua bidang pengembangan, yaitu pengembangan diri yang merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus yang ada dalam kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga menjai kebiasaan yang baik, dan bidang pengembangan kompetensi dasar yang merupakan kegiatan yang telah dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas siswa sesuai dengan tahap perkembangannya yaitu berbahasa, kognitif, fisik atau motorik dan juga seni. Masih banyak kendala-kendala yang dijumpai MA Al-Amin Bugih Pamekasan dalam pembentukan kepribadian siswa seperti, murid yang lemah dalam berfikir atau yang kurang mampu seperti halnya siswa kurang bersemangat dalam belajanya di kelas serta kurangnya pembelajaran yang efektif sehingga akan menjadi kendala untuk membentuk pribadi siswa yang berkelas.
Tidak tersedia versi lain